Film “Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali” Angkat Perjuangan Romo Mangun

Pemeran Romo Mangun di trailer film dokumenter Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali
Pemeran Romo Mangun di trailer film dokumenter Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Trailer film dokumenter yang mengangkat perjuangan Yusuf Bilyarta Mangunwijaya atau yang populer dipanggil Romo Mangun membangun permukiman Kali Code, Yogyakarta, sebagai perkampungan bermartabat dan berbudaya, mulai muncul, Selasa, 1 Desember 2020.

Film dokumenter yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Fasilitas Bidang Kebudayaan 2020 itu berjudul Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali.

Penulis cerita dan sutradara “Sang Manyar: Nyanyian Pinggir Kali”, Sergius Sutanto menegaskan beberapa waktu yang lalu, film dokumenter drama ini diharapkan dapat membuka kembali lembaran sejarah ketokohan seorang budayawan dalam perjuangan Romo Mangun membela kaum lemah dan miskin di Kali Code, yakni bagaimana seorang Romo Mangun menyulap permukiman liar yang awalnya dipandang sebelah mata menjadi sebuah perkampungan yang bermartabat dan layak huni.

BACA JUGA:

Sergius mengangkat kisah tentang Romo Mangun karena meski berlatar sebagai rohaniwan Katolik, namun perjuangan Romo Mangun sangat universal. Ia menerobos sekat-sekat kelompok, suku, dan agama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*