Mendikbud: Untung Indonesia Memiliki Muhammadiyah

Mendikbud Nadiem Makarim. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Mendikbud Nadiem Makarim. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengucapkan selamat Milad untuk Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah yang ke-102 dan Milad Muhammadiyah yang ke-108. Nadiem memberikan sambutan pembuka Resepsi Milad ke-102 Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah secara daring.

Bangsa ini, katanya, beruntung memiliki seorang pencerah, pembaru, dan penggerak, yakni K.H. Ahmad Dahlan. “Sengaja saya menyebutkan memiliki daripada pernah memiliki, karena saya pikir, keberadaan dan semangat beliau kekal dan masih sangat terasa di antara kita, bahkan lebih dari seabad kemudian,” ujar Nadiem.

BACA JUGA:

Salah satu keteladanan K.H. Ahmad Dahlan, sebut Nadiem, adalah memuliakan perempuan. “Teladan ini hendaknya kita teruskan melalui Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah yang semakin kuat pada akar tradisi keilmuannya,” ujarnya.

Nadiem menyebutkan bahwa pemerintah terus meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan serta penentuan kebijakan. Langkah-langkah strategis disiapkan dalam memberdayakan perempuan, misal dengan pelibatan kelompok perempuan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring program pembangunan serta peningkatan kemampuan kepemimpinan perempuan.

Hal ini dilakukan agar perempuan memiliki posisi tawar yang setara serta memiliki akses dan peluang untuk mengembangkan diri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun berkomitmen memberikan program pendidikan pemberdayaan perempuan, yang sejalan dengan semangat awal K.H Ahmad Dahlan dalam mendirikan sekolah bagi perempuan.

“Saya menganggap segala yang telah dilakukan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan sebagai teladan bagi siapa pun. Tujuannya sama yakni memberikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat,” kata Nadiem.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*