Pemprov DKI Gandeng University of Maryland Dongkrak SDM Pembangun Infrastruktur Kota

Pemukiman warga di bantaran Sungai Ciliwung usai hujan deras, Sabtu, 8 Februari 2020
Pemukiman warga di bantaran Sungai Ciliwung usai hujan deras, Sabtu, 8 Februari 2020 (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan University of Maryland, Amerika Serikat untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk perubahan dan manajemen pembangunan infrastruktur kota.

Penjabat Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati yang mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan naskah MoU kerja sama yang sebelumnya telah ditandangani Gubernur Anies dan Senior Vice President and Provost, Mary Ann Rankin.

”Kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta (melalui) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM DKI Jakarta) dan University Maryland School of Public Policy ini memberikan peluang dan jejaring baru dalam meningkatkan kompetensi dan wawasan para ASN dan Non-ASN Pemprov DKI Jakarta di bidang kebijakan publik, (terutama) tentang pembangunan perkotaan dengan konsep ‘Kota Tangguh’ dan ‘Kota Industri 4.0’ sebagai bagian penting dari upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s),” tegas Sri di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Desember 2020.

BACA JUGA:

Sri menegaskan kemajuan sebuah kota tidak bisa berkembang sendiri tanpa kerjasama atau kolaborasi yang baik dengan akademisi, praktisi maupun stakeholders lainnya.

Kerja sama konret Pemprov DKI dan University of Maryland mencakup pertukaran tenaga pengajar, peserta pelatihan, tenaga ahli dan pegawai antar institusi, dalam program-program yang menjadi kepentingan bersama para pihak, pertukaran pandangan kerja sama potensial dalam program beasiswa dan sertifikasi, pertukaran literatur pendidikan, materi informasi dan peragaan serta penyelenggaraan pameran dan seminar dam pertukaran para ahli di bidang teknis, pendidikan dan pengembangan.

Perwakilan kedua pihak turut menyampaikan pentingnya untuk memperluas kerja sama dan jejaring antara Pemprov DKI Jakarta dan University of Maryland dalam pertukaran ilmu pengetahuan, serta praktek terbaik dalam pembangunan berkelanjutan dan city industry 4.0 dalam upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s).

Pada kesempatan tersebut, Sri meyakini kedua pihak dapat mengoptimalkan dan fokus pada pertukaran ilmu dalam bentuk workshop, seminar, short course, dan program terkait lainnya selama kurun waktu lima tahun.

Diharapkan pula, program workshop dan pelatihan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kapabilitas dan keterampilan dasar-dasar kepemimpinan dan perencanaan strategis, mengelola ketahanan kota abad 21 dan menata infrastruktur modern untuk kota berkelanjutan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*