SGU dan BSSN Teken Kerja Sama Riset Honeypot “Interaksi Tinggi”

Hacker dengan ponsel di tangan
Hacker dengan ponsel di tangan (KalderaNews/Ist)

TANGERANG, KalderaNews.com – Swiss German University (SGU) dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) resmi melakukan Perjanjian Kerja Sama Riset Implementasi Honeyspot Sebagai Sensor Deteksi Malware.

Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Rektor SGU, Dr. rer. Nat. Filiana Santoso dan Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber BSSN, Dra. Rr. Retno Artinah S., secara virtual, Senin, 21 Desember 2020.

BACA JUGA:

Perjanjian Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang telah dibuat antara BSSN dengan SGU pada tahun 2018. Dari MoU tersebut melahirkan beberapa Perjanjian Kerja Sama yang beberapa diantaranya sudah diimplementasikan.

Dalam Perjanjian Kerja Sama kali ini, Kelompok Riset Cyber Security SGU serta Pusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber BSSN akan melakukan penelitian bersama tentang bagaimana merancang honeypot dengan metode “interaksi tinggi”.

Dengan honeypot “interaksi tinggi” efek serangan malware dapat dipelajari dalam konteks sistem nyata, bukan hanya sistem yang diemulasi untuk honeypot biasa (interaksi rendah).

Kegiatan penelitian akan diawali dengan beberapa rangkaian workshop dari para ahli di SGU untuk peneliti BSSN. Kegiatan penelitian bersama ini diharapkan dapat menghasilkan output berupa aplikasi honeypot yang dapat diimplementasikan sebagai sensor deteksi malware.

Metode yang dihasilkan diharapkan merupakan sesuatu yang unik dari kondisi exsisting yang selama ini digunakan oleh Direktorat Deteksi Ancaman agar hasil dari kegiatan dapat tercapai.

Dalam perjanjian kerja sama ini juga dibahas tentang mekanisme dalam menetapkan Hak Kekayaan Intelektual dan paten, yang diharapkan nantinya dapat dihasilkan suatu produk bersama yang dapat dipatenkan.

Hal ini menunjukkan perhatian dan keseriusan yang tinggi dalam mensukseskan tujuan dari perjanjian kerjasama ini sehingga semua pihak dapat memiliki andil dan menerima manfaatnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*