Siap-Siap, Pendaftaran MAN Dibuka 11 Januari, Ada Beasiswa Sampai Lulus Lho

Ilustrasi: Siswi Madrasah (Ist.)
Ilustrasi: Siswi Madrasah (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Agama akan membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri tahun pelajaran 2021/2022. Ada tiga pilihan, yaitu MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri atau MAKN.

BACA JUGA:

Pendaftaran akan dimulai pada 11 Januari. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar mengatakan, SNPDB dibuka dalam dua jalur, yaitu tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas. Pendaftaran jalur tes dibuka secara online pada 11 Januari sampai 11 Februari 2021. Sementara, pendaftaran jalur prestasi dibuka secara online pada 11 Januari – 6 Februari 2021.

Khusus untuk MAN Program Keagamaan (MAN-PK), Kemenag akan memberikan beasiswa penuh bagi siswa yang berhasil masuk dalam program tersebut. “Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus,” tutur Ahmad Umar.

MAN Program Keagamaan (MAN-PK) merupakan program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987. Penekanan MAN-PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*