“Oalah” Masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Begini Penjelasannya

Ilustrasi: Kata "oalah" masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Ilustrasi: Kata "oalah" masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebuah kata, makna, atau contoh kalimat tidak serta-merta masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI setelah diusulkan. Ada beberapa tahapan, mulai dari tingkat editor, redaktur, hingga validator. Ada lima kriteria utama yang menjadi pertimbangan untuk masuk ke dalam KBBI, yaitu unik, eufonik, seturut dengan kaidah bahasa Indonesia, tidak berkonotasi negatif, dan sering dipakai.

BACA JUGA:

Beberapa waktu lalu, ramai di jagat maya tentang kata “oalah” sebagai kata baku di KBBI. Berdasarkan hasil penelusuran, kata tersebut masuk ke dalam KBBI sebagai usulan pada 21 November 2017. Kata ini masuk setelah KBBI versi cetak yang diluncurkan pada 2016, lalu melalui pemutakhiran rutin KBBI yang dilakukan pada bulan April dan Oktober.

KBBI mendokumentasikan semua fakta kebahasaan dalam bahasa Indonesia yang pernah ada, baik baku (digunakan dalam ragam formal) maupun tidak baku. Pendefinisian sebuah kata dilengkapi dengan label-label, seperti kelas kata (a (adjektiva), n (nomina), v (verba), p (partikel), pron (pronomina), dan lainnya), ragam bahasa ark (arkais), cak (cakapan), hor (hormat), kas (kasar), dan kl (klasik)), dan bidang ilmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*