Beasiswa Utusan Daerah S1 IPB Buka Hingga 28 Mei 2021

Institut Pertanian Bogor (KalderaNews.com/Ist)
Institut Pertanian Bogor (KalderaNews.com/Ist)

BOGOR, KalderaNews.com – Selain SNMPTN, Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka kesempatan masuk bagi calon mahasiswa melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Melansir situs resmi IPB, Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta.

Diharapkan kelak penerima beasiswa yang telah lulus akan kembali ke daerah masing-masing untuk membangun daerahnya. Karena itu berbeda dengan beasiswa lainnya, setiap tahun pihak IPB akan mengirimkan informasi mengenai BUD pada pemerintah pusat, daerah, kota, perusahaan,BUMN, lembaga/yayasan untuk bekerja sama dalam pemberian beasiswa.

BACA JUGA:

Pihak pemerintah/perusahaan yang setuju kemudian akan menjadi sponsor untuk pelamar beasiswa. Selanjutnya, pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh pihak sponsor secara online melalui laman resmi BUD.

Syarat Pelamar BUD

Bagi kamu yang tertarik mencoba beasiswa ini, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  2. Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan BIologi selama 5 semester pertama
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Bebas narkoba
  5. Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama

Bantuan Biaya Pendidikan

Sementara itu, jika berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan beberapa bantuan biaya pendidikan berupa:

  1. Biaya pendaftaran Rp 500.000,-
  2. Biaya Pendidikan Rp 15.000.000,-/semester
  3. Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) : hanya dibayarkan sekali, sebesar Rp 50.000.000,- / orang untuk semua program studi, kecuali Program Studi Ilmu Gizi dan Kedokteran Hewan (Rp 70.000.000,-/ orang) dan Bisnis (Rp 90.000.000,-/orang)
  4. Biaya Asrama PPKU IPB Rp 1.400.000,- (hanya sekali dibayarkan pada tahun pertama). Pada tahun pertama mahasiswa wajib tinggal di asrama PPKU IPB
  5. Biaya Iuran BPJS (bagi yang belum memiliki asuransi kesehatan) Rp 1.320.000,-/tahun
  6. Biaya penunjang pendidikan (biaya hidup, biaya asrama, biaya buku dan biaya riset) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mitra untuk diberikan kepada penerima beasiswa

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*