Dear Guru Honorer, Pendaftaran Guru PPPK Akan Dibuka Mei 2021

Kegiatan Belajar Mengajar di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat
Kegiatan Belajar Mengajar di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mulai membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) pada Mei 2021. Seleksi akan dibuka bagi guru honorer.

Plt. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjanarko mengaku, seleksi ini untuk sekitar satu juta guru PPPK.

BACA JUGA:

Pembukaan seleksi ini menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mengangkat kesejahteraan para guru honorer di Indonesia. Seleksi PPPK dikhususkan untuk pemerintah daerah (Pemda).

Rencana, pada Maret 2021 akan ditetapkan formasinya. April dan Mei 2021 dibuka proses pendaftaran. Dan bulan Juni 2021 digelar seleksi.

Teguh mengatakan, Kementerian PAN-RB telah berkirim surat ke Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani terkait kebutuhan guru PPPK. “Intinya, Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan guru PPPK di tahun 2021,” ujar Teguh.

Informasi detail tentang seleksi guru PPPK akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah.

Sementara, Mendikbud, Nadiem Makarim pernah berujar bahwa mereka yang lulus seleksi yang bisa menjadi guru PPPK. “Yang diangkat jadi PPPK itu bagi guru honorer yang lulus tes,” kata Mendikbud Nadiem.

Mendikbud Nadiem juga mengatakan, rekrutmen PPPK akan dilakukan di 548 pemerintah daerah (Pemda). Maka, semua guru honorer harus mempersiapkan dengan matang untuk masuk ke proses seleksi. Kesempatan menjadi guru PPPK pun sangat besar, lantaran bisa mengikuti proses seleksi sampai tiga kali. Seleksi guru PPPK ini juga tidak terpengaruh oleh batas usia guru honorer.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*