Waspada, Amankan WhatsApp dari Peretas dengan Cara Ini




Kode aktivasi 6 digit, salah satu cara lindungi akun WhatsApp (KalderaNews.com/thenews)
Kode aktivasi 6 digit, salah satu cara lindungi akun WhatsApp (KalderaNews.com/thenews)

JAKARTA, KalderaNews.com – WhatsApp sempat menjadi buah bibir di kalangan penggunanya akibat kebijakan privasi baru yang dianggap membingungkan.

Meskipun banyak di antara pengguna langsung beralih ke aplikasi chatting lain, nyatanya masih banyak yang setia menggunakan WhatsApp setelah perusahaan asal Amerika itu memberikan klarifikasi akan menjaga privasi Anda.

BACA JUGA:

Meskipun pihak WhatsApp mengatakan akan menjamin keamanan akun Anda, tidak ada salahnya untuk meningkatkan proteksi agar tidak mudah diretas.

Kode Aktivasi Enam Digit

Melansir The Verge, Salah satu cara paling mudah melindungi akun WhatsApp Anda adalah dengan mengaktifkan kode verifikasi 6 digit. Kode ini biasanya akan diterima ketika Anda mencoba masuk ke WhatsApp atau mendaftarkan akun baru.

Ada dua cara untuk mendapatkan kode ini. Pertama, melalui SMS dan kedua pihak WhatsApp akan menelepon ke nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar. Setelah 6 digit kode aktivasi tersebut dimasukkan, barulah Anda dapat menggunakan WhatsApp.

Namun perlu diingat, jangan pernah membagikan kode tersebut pada siapapun!

Jika kode tersebut sampai bocor atau diketahui orang lain, maka peretas dapat menggunakannya untuk masuk dan mengendalikan akun WhatsApp Anda. Setelah itu, peretas dapat melakukan berbagai tindakan kriminal seperti meminta uang pada daftar kontak.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Agar akun semakin aman, cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengatur pin melalui fitur Verifikasi 2 Langkah. Caranya juga sangat mudah:

  1. Masuk ke akun WhatsApp, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan”
  2. Pilih “Akun” lalu klik “Verifikasi 2 Langkah”
  3. Setelah itu, tekan aktifkan lalu Anda akan diminta untuk mengatur PIN 6 digit.

Langkah terakhir, biasanya Anda akan diminta untuk memasukan alamat email sebagai antisipasi lupa PIN. Prosedur ini tidak wajib namun jika Anda termasuk orang yang pelupa, sangat direkomendasikan untuk melakukannya.

Dengan kedua cara di atas, kami berharap akun WhatsApp Anda akan selalu aman dari peretas. Selamat mencoba!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*