Bikin Boros, 7 Aplikasi Ini Paling Banyak Menyedot Kuota Internet




Tanpa disadari, 7 aplikasi ini paling banyak menyedot kuota internetmu! (KalderaNews.com/Ist)
Tanpa disadari, 7 aplikasi ini paling banyak menyedot kuota internetmu! (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu hiburan favorit selama pandemi adalah bermain ponsel. Berbagai aplikasi seru mampu menghibur kita saat harus mengurangi kegiatan di luar rumah.

Namun, merasa baru membeli kuota internet tiba-tiba sudah habis? Bisa jadi, beberapa aplikasi di ponsel lah yang diam-diam menyedot kuotamu. Perlu diketahui, tanpa harus dibuka, aplikasi berikut ini tetap memakan data cukup besar, lho.

BACA JUGA:

Apa saja dan bagaimana cara menghemat kuota internet dari aplikasi tersebut? Berikut ulasannya:

1. Instagram

Melihat kegiatan teman atau keluarga lewat fitur “Instagram Stories” sering kali membuat orang lupa waktu. Memang aplikasi berbasis foto dan video ini sangat memikat mata. Namun, harus disadari bahwa setiap video yang Anda putar di Instagram cukup banyak memakan kuota.

Untuk lebih hemat caranya mudah. Pertama, buka profil pada halaman Instagram, lalu pilih pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler > lalu aktifkan mode penghematan data.

2. Facebook

Memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia, Facebook selalu memperbaharui fiturnya agar orang lebih betah saat menggunakannya. Tapi hati-hati, memutar banyak video dan membuka foto dapat membuat kuotamu cepat habis lho.

Karena itu, batasi penggunaan data dengan menonaktifkan fitur autoplay dengan cara: klik pengaturan pada bagian profil, lalu pengaturan akun > video dan foto > autoplay. Setelah itu Anda dapat memilih “On Wi-Fi Connections Only” atau “Never Autoplay Videos“. Selamat mencoba!

3. Twitter

Media sosial berbasis tulisan teks dan cuitan singkat ini sekilas tidak memakan banyak paket data. Namun, siapa sangka, aplikasi ini juga cukup boros mengonsumsi internet.

Supaya lebih hemat, Anda dapat mematikan fitur autoplay video dengan cara pergi ke Pengaturan dan Privasi, lalu pada menu “Aksesibilitas, tampilan, dan bahasa” klik “Penggunaan Data” > Autoplay. Sampai di sini Anda hanya perlu mengaktifkan tombol pilihan di seluler atau Wi-Fi agar video tidak otomatis terputar saat melewati timeline.

4. YouTube

Sudah jadi rahasia umum bahwa menonton YouTube akan banyak memakan kuota internetmu. Melansir Whistleout, tahukah kamu jika memutar video dengan resolusi 480p akan menghabiskan data sekitar 260MB? Sementara itu, sebuah video dengan resolusi 1.080 (Full HD) dapat memakan kuota hingga 1,65GB!

Tentu Anda tidak ingin kuota internet cepat habis bukan? Karena itu, segera pergi ke halaman profile di aplikasi YouTube, kemudian klik “Pengaturan” > “Umum” > “Batasi Penggunaan Kuota Seluler” dan hidupkan tombol ke kanan menjadi on.

5. Spotify

Bekerja sambil mendengarkan lagu atau podcast kesayangan sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Selain lewat radio, berbagai aplikasi pemutar lagu seperti Spotify menjadi pilihan.

Sayangnya, memutar lagu secara online membuat kuotamu jadi cepat habis. Agar lebih hemat, Anda dapat berlangganan premium dan membuat album/playlist secara offline.

Setelah berlangganan, Anda dapat mengunduh album atau daftar putar yang diinginkan. Lagu kesayangan pun dapat dinikmati setiap hari tanpa perlu streaming secara online.

6. Netflix

Selain mendengarkan lagu, cara terbaik menghabiskan waktu di akhir pekan adalah dengan menonton film atau serial favorit.

Tapi, menonton berbagai tayangan dalam waktu berjam-jam dapat membuat paket data Anda banyak tersedot. Untuk menghematnya, setelah membuka aplikasi Netflix, pilih menu “Account” di bagian kanan atas, lalu sampai bagian “Profile and Parental Control” klik salah satu akun yang Anda gunakan dan pilih “Playback Settings”. Kemudian pada menu “Data Usage per Screen” klik pada pilihan yang Anda inginkan. Tersedia “Auto”, “Low”, “Medium” dan “High”. Jangan lupa tekan “Save” untuk menyimpan perubahan

Perlu diingat, hasil perubahan penghematan data baru bekerja dalam waktu 8 jam. Jadi, pastikan Anda mengubah setelannya sebelum menonton, ya.

7. TikTok

Popularitas TikTok yang meroket membuat jumlah penggunanya juga meningkat. Aplikasi berbasis video yang membuat penggunanya bebas berkreasi dengan aneka filter ini sangat digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Namun, terlalu asyik menyaksikan banyak video tanpa sadar bisa membuat kuotamu boros lho. Tapi tenang, kamu dapat menghemat pemakaian data pada aplikasi ini dengan mudah.

Pertama, buka aplikasi TikTok kemudian pilih menu “Saya” di bagian kanan bawah. Setelah itu klik icon titik 3 pada bagian pojok kanan atas profilmu. Scroll ke bawah sampai halaman privasi dan keamanan lalu klik “Penghemat Data” dan nyalakan slider penghemat data.

Setelah menekan tombol tersebut, video yang ingin Anda tonton akan diputar dalam resolusi lebih rendah sehingga menghemat kuota.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*