LAPAN Pasuruan Luncurkan Balon Ozon Satu-satunya di Indonesia

LAPAN Pasuruan meluncurkan balon ozon satu-satunya di Indonesia. (KalderaNews.com/Dok.Lapan)
LAPAN Pasuruan meluncurkan balon ozon satu-satunya di Indonesia. (KalderaNews.com/Dok.Lapan)
Sharing for Empowerment

PASURUAN, KalderaNews.com – Balon Meteorologi milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan resmi diluncurkan ke angkasa. Balon berwarna putih berukuran sekitar 2 meter tersebut diluncurkan untuk penelitian ozon.

Nantinya, balon tersebut akan mengirimkan data dan dikumpulkan untuk memahami keadaan atmosfer bumi. Alat itu juga bisa digunakan untuk memprediksi peningkatan kualitas udara dan validasi data satelit.

BACA JUGA:

Peluncuran balon merupakan kerjasama antara LAPAN Pasuruan dan National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Badan Penerbangan dan Antariksa milik Amerika Serikat.

Kepala LAPAN Pasuruan, Dian Yudha mengatakan, peluncuran balon ozon ini merupakan satu-satunya di Indonesia. “LAPAN Pasuruan merupakan satu-satunya stasiun di Indonesia yang memulai proyek dengan SHADOZ-NASA dari tahun 1998,” kata Dian.

Kerjasama LAPAN-NASA ini merupakan bagian dari mempelajari konsentrasi berbagai konstituen atmosfer yang berkontribusi pada pemahaman lapisan ozon bumi, pembentukan, penguraian dan penipisannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*