Begini 7 Cara Menghemat Kuota Gratis dari Kemendikbud, Simak Kuy!

Ilustrasi: Gunakan kuota gratis untuk belajar online. (Ist.)
Belajar online (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menurut rencana, pada 11-15 Maret 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyalurkan bantuan kuota data internet. Peserta didik dan guru di semua jenjang pendidikan akan mendapatkan bantuan tersebut.

Subsidi kuota data internet dari Kemendikbud dimaksudkan untuk mendukung proses belajar mengajar secara daring alias pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Nah, untuk menghemat kuota data internet ini, kamu bisa melakukan beberapa cara lho, Gaes! Berikut ini caranya:

Pastikan fitur maps offline

Kamu pasti sudah tahu ya fitur maps di smartphone? Fitur ini biasa digunakan jika kamu berada di perjalanan atau saat membutuhkan peta petunjuk jalan. So, aktifnya fitur ini ternyata menguras kuota internet. Terlebih jika kita menggunakan layanan turn-by-turn direction, built-in navigation, atau melihat traffic real time.

Maka, untuk menghemat pemakaian kuota data saat belajar online, kamu bisa mengubah fitur maps ini menjadi mode offline.

Batasi background apps

Di smartphone yang kamu gunakan, ada aplikasi-aplikasi yang otomatis menguras kuota, meski aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Contohnya, adanya pembaruan di smartphone yang sering ditampilkan oleh aplikasi latar belakang layar (background apps). Maka, kamu bisa membatasi background apps ini untuk menghemat kuota saat kuliah atau belajar daring.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*