17 Maret, Hari Perawat Nasional, Inilah Logo, Tema, dan Sejarahnya

Sharing for Empowerment

Saat itu perawat sudah memiliki perkumpulan dan menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat. Ketika itu terdapat beberapa organisasi, seperti Perkumpulan Kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Dan pada 1974, organisasi perawat ini menggelar pertemuan. Ojo Radiat, HB. Barnas, dan Drs. Maskoed Soerjasumantri didaulat menjadi pimpinan sidang. Mereka pun sepakat melakukan fusi organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Pengabungan organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demontration, Jalan Prof. Eykman No. 34 Bandung, Jawa Barat pada 17 Maret 1974. Tanggal tersebut pun kemudian disepakati menjadi Hari Perawat Nasional. Mereka juga bersepakat menggelar kongres perawat pertama pada 1976.

Nah, pada peringatan Hari Perawat Nasional tahun ini atau yang ke-47, PPNI telah merilis logo dan temanya. Tema Hari Perawat Nasional 2021 adalah “Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*