17 Maret, Hari Perawat Nasional, Inilah Logo, Tema, dan Sejarahnya

Ilustrasi: Hari Perawat Nasional, 17 Maret 2021. (KalderaNews.com/Ist/)
Ilustrasi: Hari Perawat Nasional, 17 Maret 2021. (KalderaNews.com/Ist/)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 17 Maret, kita memperingati Hari Perawat Nasional. Namun, masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang hal ini. Padahal jasa para perawat selalu kita butuhkan saat kita ke rumah sakit.

Jasa para perawat pun semakin kita rasakan di masa pandemi Covid-19. Mereka adalah bagian dari garda terdepan penanganan pandemi ini. Bahkan di antara mereka pun harus merelakan nyawa demi penanganan Covid-19.

BACA JUGA:

Nah, di momen Hari Perawat Nasional ini, sudah sepatutnya kita mengingat kembali jasa para perawat yang pernah kita terima

Sejarah Hari Perawat Nasional

Penetapan Hari Perawat Nasional tak lepas dari sejarah organisasi profesi perawat, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). PPNI terbentuk pada 17 Maret 1974.

Pada masa sebelum tahun 1974, organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang. Sejak zaman penjajahan, perawat Indonesia sudah ada seiring dengan adanya rumah sakit, seperti Residen Vpabst (1819) di Batavia, yang kemudian menjadi Stadsverband (1919) dan berubah menjadi Central Burgerlijke Zieken Inrichting. Yang kini menjadi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*