Hari Dongeng Internasional, 7 Dongeng Populer Indonesia Ini Harus Dibanggakan

dongeng indonesia
Banyak dongeng populer Indonesia yang berasal dari cerita rakyat. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – 20 Maret akan diperingati sebagai Hari Dongeng Internasional. Meskipun peringatan ini tidak banyak diketahui orang, tetapi dongeng telah dikenal di berbagai kalangan masyarakat. Dongeng populer dari luar dan dalam negeri memang kerap dipakai sebagai pembelajaran dan teladan.

Pendidikan karakter dapat dimulai sejak usia dini melalui dongeng. Dongeng populer di Indonesia merupakan cerita rakyat yang dituturkan secara turun menurun. Kadang tidak ditemukan sumber dan tulisan pasti mengenai dongengn rakyat ini.

BACA JUGA:

Inilah 7 dongeng populer Indonesia yang harus diketahui dan dibanggakan.

Dongeng Timun Emas

Berlatar belakang di Jawa Tengah, cerita rakyat ini mengisahkan pelarian Timun Emas dari kejaran raksasa yang akan memangsanya.

Kisah Keong Mas

Kisah dari kerajaan Panjalu, Kediri menceritakan tentang sihir terhadap anak raja yang difitnah berakibat kembalinya sihir itu kepada pembuatnya. Mengandung banyak kisah teladan, dongeng keong emas ini belum diketahui sumber aslinya.

Cerita Romantis Sangkuriang Sakti

Kisah Sangkuriang yang ingin memperistri Dayang Sumbi, ibunya sendiri, ini hingga sekarang dikenal sebagai asal usul gunung Tangkuban Perahu di Bandung, Jawa Barat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*