Dongeng dan Permainan, Cara Mengenalkan Pancasila kepada Anak

Ilustrasi: Permainan tradisional untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila. (Ist.)
Ilustrasi: Permainan tradisional untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu tahu permainan Teuku Umar Spel? Spel dalam bahasa Belanda berarti permainan. Jadi, Teuku Umar Spel adalah Permainan Teuku Umar. Nah, pada medio 1886, pemerintah kolonial Belanda pernah menggunakan permainan ini untuk mempengaruhi rakyat Indonesia dengan menjadikan Teuku Umar sebagai musuh bersama yang harus disingkirkan.

BACA JUGA:

Teuku Umar Spel merupakanpermainan mirip catur yang juga disebut damdas. Permainan dimainkan dua orang, dengan memanfaatkan dua jenis pion yang berbeda serta papan berpetak sebagai sarana bermain. Namun, tidak seperti catur yang memiliki pion dengan bentuk dan langkah yang berbeda, pion pada permainan damdas umumnya hanya berupa dua jenis kerikil, batu, atau biji-bijian dengan warna serta bentuk berbeda, sehingga dapat dibedakan antara pion pemain yang satu dengan lawannya.

Nah pada masa kini, Teuku Umar Spel sebenarnya bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan Pancasila kepada anak-anak. Dalam permainan ini terkandung nilai-nilai keberanian, kesatuan yang tak terpecah belah, serta bersatu dalam mencapai satu tujuan bersama. “Untuk bisa memenangkan permainan ini, maka harus saling tolong-menolong dan menjaga persatuan antar pion yang dimainkan,” ujar Ketua Umum Komunitas Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI), Dr. Zaini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*