Ini Alasan Gita Wirjawan Cukup Vokal Suarakan Indonesia Sudah Relatif Agak Tertinggal




Mantan Mendag RI Gita Wirjawan
Mantan Mendag RI Gita Wirjawan (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mantan Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan berharap Indonesia serius meningkatkan kepiawaian atas ilmu atau pengetahuan empiris. Keinginan ini disampaikannya di acara pembukaan Indonesia Regional Competition (IRC) 2021, ajang kompetisi 2 mata pelajaran Matematika dan Fisika khusus untuk peserta didik yang maksimal duduk di kelas 11 (kelas 2 SMA) yang dihelat Wardaya College, baru-baru ini.

“Akhir-akhir ini saya cukup vokal menyuarakan bahwa Indonesia ini sudah relatif agak tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia maupun di luar Asia,” tandasnya.

Ia mencontohkan asesmen yang diberikan 2-3 tahun lalu oleh PISA dalam konteks membaca, sains dan teknologi, peringkat Indonesia berada di peringkat 74 di antara 79 negara yang berpartisipasi.

BACA JUGA:

“Kalau menurut saya, ini sangat mencerminkan di mana Indonesia, tapi juga gimana Indonesia itu harus maju ke depan,” akunya.

“Kalau saya kupas lagi dalam konteks pemenang atau jumlah hadiah Nobel dalam sains, kurang lebih 650-an hadiah Nobel sudah diberikan dalam periode 100 tahun terakhir, tidak lebih dari 50 orang Asia yang memenangkan,” imbuhnya.

Yang cukup mengejutkan, terangnya, orang Yahudi atau keturunan Yahudi, sudah memenangkan lebih dari 150 hadiah nobel.

“Itu hampir mencapai 25 persen dari total penghargaan Nobel sains yang diberikan. Ini cukup ironis, tapi juga inspiratif karena jumlah penduduk Yahudi di dunia itu tidak lebih dari 8 juta dari 7,5 miliar manusia di dunia, sementara populasi Indonesia jauh lebih besar dengan total lebih dari 250 juta.”

“Kalau menurut saya, ini harus menjadi api untuk kita semua untuk belajar mengenai sians dan teknologi buat teman-teman dari Sabang sampai Merauke,” pungkasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*