Kamu Kaget Dapat Surat Pajak Adsense Youtube 2021? Simak Solusinya Lewat Video Resmi Ini




Peraturan Pajak Adsense YouTube
Surat cinta berisi Peraturan Pajak Adsense YouTube (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu kaget dapat surat cinta dari Adsense YouTube yang terbaru terkait Peraturan Pajak Adsense YouTube? YouTube baru-baru ini mengirimkan surat ke para Youtuber kalau mereka akan segera mengenakan pajak Amerika Serikat (AS) untuk penghasilan dari para kreator di luar AS. Tentu saja YouTube juga menarik pajak dari kreator di AS.

Isi surat tersebut mengatakan, “Kami menghubungi Anda karena Google akan diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika Serikat atas pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat mulai tahun ini (paling cepat Juni 2021). Selama beberapa minggu ke depan, kami akan meminta Anda untuk mengirim informasi pajak Anda di AdSense untuk menentukan dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika Anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan Anda dari seluruh dunia.”

BACA JUGA:

Kebijakan terbaru ini tentu tidak memengaruhi Kreator di AS, karena seharusnya sudah mengirimkan informasi pajak AS-nya di AdSense saat pertama kali bergabung dengan Program Partner YouTube.

Jika kamu adalah kreator di luar AS, mulai tahun ini (2021), penghasilan yang diperoleh dari penonton di AS mungkin akan dikenai pemotongan pajak. Berdasarkan Pasal 3 Hukum Pendapatan Dalam Negeri Amerika Serikat (U.S. Internal Revenue Code), Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua kreator di luar Amerika Serikat yang melakukan monetisasi dan, dalam keadaan tertentu, memungut pajak jika kreator tersebut memperoleh penghasilan dari penonton di Amerika Serikat.

Penghasilan dari AS ini dapat berasal dari penayangan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel. Berikut ini isi surat cinta yang berisi pemberitahuan pajak tersebut.

Peraturan Pajak Adsense YouTube
Surat cinta berisi Peraturan Pajak Adsense YouTube (KalderaNews/JS de Britto)

Intinya pendapatan kamu sebagai youtuber akan dipotong 24% dari total pendapatan kalau tidak mengisi form. Tapi jika mengisi form, akan kena pajak sampai 30% khusus views dari America.

Namun jika memiliki NPWP, cuma kena pajak 10% untuk views dari America. So, kini kamu tinggal isi bagian TIN ASING dengan No. NPWP-nya.

Kalau membaca email dan mulai mempraktikkannya, bisa jadi kamu akan mengeluh karena informasi dalam email itu mungkin terdengar sedikit rumit.

Namun para YouTuber tak perlu bingung karena sudah tersedia video tutorial resmi dari pihak YouTube.

Informasi terbaru di video ini penting bagi semua kreator di luar AS yang memonetisasi. Dalam video ini dijelaskan cara mengirimkan informasi pajak AS yang diperlukan di AdSense: https://www.google.com/adsense/

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*