Perhatikan 5 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak Ini!




motor matic, mesin mati mendadak
Motor matic memang mudah pengoperasiannya, servis rutin akan membuat kita mudah mengenali penyebabnya saat mati mendadak. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Motor matic merupakan kendaraan praktis yang dipakai sehari-hari. Mulai kendaraan pribadi maupun  pengendara ojek daring sering menjadikan motor matic sebagai kendaraan andalan. Motor matic dipilih karena mudah pengoperasiannya.

Meskipun mudah mengoperasikannya, bukan tidak mungkin motor matic kesayangan mengalami mati mendadak saat di jalan. Jangan panik!

BACA JUGA:

Ketahui lima penyebab umum motor matic mati mendadak ini!

Cek Bahan Bakar

Bila motormu mendadak mati di jalan hal pertama yang harus dicek adalah bahan bakar. Periksalah apakah bahan bakarnya masih ada. Bila masih ada bahan bakar, harus diingat-ingat juga jenis bahan bakar yang terakhir diisikan apa. Bahan bakar dengan oktan yang rendah dapat menyebabkan klep tersumbat akibat banyak timbal yang tertinggal.

Kotoran dari tanki bensin atau dari aliran bensin, meskipun ada saringannya, dapat masuk ke head silinder dan menyebabkan mesin motor matic mati mendadak.

Karburator Basah

Musim hujan seperti akhir-akhir ini harus diwaspadai oleh pengendara motor matic. Genangan air atau banjir dapat masuk ke karburator dan menyebabkan mesin mati mendadak.

Air dapat masuk ke karburator melalui celah tali gas yang tutup karetnya sudah getas. Bila mesin mati mendadak karena hal ini, yang dapat dilakukan adalah mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke karburator dengan cara menutup kran bensin yang mengarah ke karburator. Langkah ini akan membuat air keluar bersama dengan sisa bensin.

Overheat Mesin

Overheat mesin sering terjadi apabila sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Kondisi tersebut membuat ring piston menjadi kering dan motor mengalami mati mesin. Panas yang terjadi ini akibat gesekan antara liner boring dan piston. Seharusnya panas mesin ini dapat diredam oleh pelumas, tetapi bila pelumas tidak mampu mendinginkan, alhasil mesin akan mati.

Cara mengatasinya adalah dengan mendinginkan mesin hingga benar-benar dingin. Kemudian melepas busi dan memasukkan oli baru untuk melumasi piston yang tersumbat. Tunggu beberapa saat sebelum kembali menyalakan mesin.

Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian dalam motor berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk ke area pembakaran. Di area pembakaran ini kemudian motor mendapat energi gerak. Jika sistem pengapian tidak berfungsi maka tidak akan terjadi proses pembakaran dan motor tidak dapat menyala.

Klep kotor

Klep yang kotor juga bisa menjadi penyebab mesin mati mendadak. Klep kotor ini tidak akan menutup sempurna dan menyebabkan celah dan kompresi menjadi kotor. Penyebab klep kotor bisa disebabkan karena kerak karbon sisa pembakaran bahan bakar berkualitas rendah.

Sebelum mati mendadak, biasanya mesin akan tersendat. Pada saat mesin sudah mulai tersendat kita harus peka. Servis secara rutin di bengkel resmi secara berkala dapat menghindarkanmu dari mesin mati mendadak saat di jalan. Jangan lupa servis berkala, ya!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*