Langkah Jitu Atasi Motor Mogok Karena Banjir

Ilustrasi Motor Mogok Akibat Banjir (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Motor Mogok Akibat Banjir (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hujan yang terus turun beberapa waktu terakhir membuat banjir sejumlah wilayah di Jakarta. Selain merendam rumah warga, banjir yang muncul juga membuat kendaraan seperti motor sering kali mogok saat melewati jalan yang terendam.

Jika motor terlanjur mogok, apa yang harus dilakukan? Melansir situs resmi Honda, berikut solusi tepat atasi motor mogok akibat banjir:

BACA JUGA:

1. Jangan Panik dan Paksa Motor

Motor yang tiba-tiba berhenti di tengah jalan tentu membuat Anda panik dan jengkel. Tetap tenang, segera turun dari motor dan menepi ke tempat yang lebih aman agar tidak mengganggu penguna jalan lain.

Dalam kondisi ini jangan pernah langsung memaksakan motor kembali hidup karena potensi kerusakan mesin justru semakin besar.

2. Cek Busi

Setelah menepi ke tempat aman, segera cek busi pada motormu. Lepaskan busi dari motor dengan kunci busi dan keringkan menggunakan kain/kanebo yang bersih dan kering. Cara lain, Anda juga bisa menggunakan pelumas semprot motor serbaguna untuk memisahkan busi dari air.

Jika tidak ada pelumas, setelah dikeringkan coba kick start motormu tanpa busi terpasang dan lakukan beberapa kali. Terakhir, pasang kembali busi motor yang telah kering. Jika motor kembali hidup, Anda bisa langsung mengikuti langkah terakhir di nomor 5.

3. Periksa Filter Karburator

Jika melepas dan mengeringkan busi belum membuat motormu nyala, cobalah periksa filter karburator. Perlu diketahui, filter harus selalu kering agar saluran bensin motor tidak tercampur air dan menghambat pembakaran mesin.

4. Cek Knalpot Motor

Langkah keempat yang dapat dicoba jika motor mogok adalah cek knalpot motor. Sama seperti filter karburator, knalpot harus bersih dari air agar pembuangan gas dapat berjalan maksimal.

Biasanya, salah satu penyebab motor mogok adalah kurangnya gas saat melewati daerah banjir sehingga knalpot justru menghisap air. Untuk mengatasinya, coba istirahatkan motor dengan standar tengah lalu posisikan knalpot lebih rendah dari pangkalnya agar air dapat keluar.

5. Panaskan Motor

Usai melakukan semua langkah di atas, sekarang coba nyalakan kembali motormu dengan kick start dalam posisi kontak mati. Lakukan beberapa kali dengan mencoba manual dan kick start motor.

Jika motor berhasil hidup, jangan langsung digunakan kembali ya! Tunggu beberapa menit sampai suhu motor optimal dan untuk mencegah motor kembali mogok di tengah jalan. Selamat mencoba!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*