Jangan Disepelekan, Kenali Tanda Oli Kendaraan Sudah Kedaluwarsa




Ilustrasi Penggantian Oli Pada Kendaraan (KalderaNews.com/Daihatsu)
Ilustrasi Penggantian Oli Pada Kendaraan (KalderaNews.com/Daihatsu)

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk mengurangi gesekan antar mesin, oli atau pelumas sangat penting bagi kendaraan. Namun sama seperti suku cadang lain, oli juga memiliki waktu kedaluwarsa.

Bagi kendaraan seperti mobil, oli biasanya perlu diganti setelah 6 bulan atau setiap pemakaian 10 ribu kilometer. Namun perlu diingat, melansir situs resmi Daihatsu pergantian oli tiap 10 ribu kilometer hanya ditujukan bagi oli sintetis. Untuk oli dengan campuran mineral, harus lebih cepat setiap 5 ribu kilometer.

Sementara pada motor penggantian oli dapat dilakukan setiap 2 ribu kilometer atau maksimal dalam jangka waktu 2 bulan.

Sayangnya, masih banyak orang yang lupa atau belum memahami kapan oli kendaraan harus diganti. Padahal jika diabaikan, hal ini dapat menurunkan performa kendaraan.

Agar kendaraan Anda lebih awet, simak tanda-tanda oli sudah kedaluwarsa berikut ini:

BACA JUGA:


1. Oli Tercampur Material Asing

Belakangan hujan yang turun sering kali mengakibatkan banjir yang merendam kendaraan. Jika kendaraan Anda termasuk yang terendam saat banjir, bisa dipastikan oli harus diganti setelahnya.

Kotoran atau material kecil dari banjir seperti kerikil, ranting kayu, debu, dan lainnya dapat tercampur dengan oli. Jika sudah begini kualitas oli akan menurun dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Warna Oli Berubah

Jika tidak ada material asing yang masuk ke dalam oli, Anda juga perlu mengecek warnanya. Pasalnya, oli yang sudah bekerja cukup lama membersihkan dinding silinder kendaraan akan berubah warna menjadi cokelat keruh atau cenderung hitam.

Saat warna oli sudah berubah, jangan menunda lagi untuk segera menggantinya agar tidak mempengaruhi performa kendaraan.

3. Performa Kendaraan Kurang Maksimal

Ketika berkendara sering merasa mobil atau motor kurang maksimal? Bisa jadi itu tanda oli kendaraan perlu diganti. Jika mesin terasa bergetar atau terdengar lebih kasar dari biasanya, itu berarti oli harus diganti.

Biasanya saat mesin dalam putaran idle, akan terdengar getaran yang cukup terasa dari mesin mobil dan menjadi alarm pemilik untuk segera ke bengkel.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*