Pengangguran Terbuka Capai 9,77 Juta, Tapi Perusahaan Juga Kecewa dengan Kualitas Lulusan

Pengangguran
Pengangguran (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jumlah pencari kerja di Indonesia cukup besar. Data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Agustus 2020 menunjukkan adanya 9,77 juta pengangguran terbuka (semua lulusan) meski pada saat yang sama sebenarnya ada banyak lowongan kerja.

Namun ternyata, banyak perusahaan juga mengalami kekecewaan karena mendapati tingkat kehadiran yang rendah pada tahap seleksi dan tidak bisa mendapatkan SDM yang sesuai dengan keinginan.

Direktur Jenderal Perguruan Tinggi, Nizam mengakui para pencari kerja tanpa lelah melamar lowongan dan mengikuti berbagai acara pengembangan diri agar menaikkan daya saing dan daya jual.

BACA JUGA:

Di sisi lain, para recruiter perusahaan juga tanpa lelah keliling Indonesia hingga menggunakan berbagai platform untuk dapat mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa ini. Namun, seringkali keduanya tidak bertemu di ujung jalan.

Program Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI) Kampus Merdeka dihadirkan untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi (perusahaan).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*