Bahasa Indonesia Kini Sasar Pelajar Militer di India, Bangladesh, dan Sri Lanka

Mahasiswa asing penerima beasiswa Darmasiswa
Mahasiswa asing penerima beasiswa Darmasiswa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

NEW DELHI, KalderaNews.com – Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) secara virtual kini menyasar pelajar militer dari tiga negara asing di kawasan Asia Selatan dan Tengah (Aselteng), yaitu India, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Atdikbud KBRI New Delhi, Lestyani Yuniarsih mengatakan Bahasa Indonesia tidak hanya diminati oleh kalangan mahasiswa dari kampus-kampus umum saja di India, tetapi juga oleh kalangan pelajar militer.

“Di India misalnya, banyak pelajar dari perguruan tinggi ternama mengikuti program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Lebih dari itu, Jawaharlal Nehru University (JNU) justru lebih maju lagi dalam penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu studi formal untuk program Diploma,” ujar Lestyani sepertui dikutip dari situs Kemendikbud.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, Lestyani sangat antusias mendukung program jenjang dasar yang berlangsung selama 100 hari secara online ini karena kelas daring memungkinkan menjangkau peserta yang lebih luas dalam waktu yang lebih efisien. Selain itu, peserta dari berbagai tempat tidak perlu hadir di satu tempat.

Athan KBRI New Delhi, Kolonel Laut (E) Asdi Yasin Yanuar Pribadi menjelaskan Pemerintah RI melalui Kementerian Pertahanan (Kementan) setiap tahun mengundang peserta dari negara-negara tersebut untuk mengikuti program BIPA di awal diklat selama enam bulan di Indonesia.

Kali ini program ditujukan untuk 10 orang anggota militer, yaitu empat orang dari dari India dan empat orang dari Bangladesh, di mana masing-masing akan mengikuti Sesko TNI, Sesko AD, Sesko AL, dan Sesko AU untuk tahun ajaran 2022. Sedangkan, dua orang dari Sri Lanka akan mengikuti program magister di Universitas Pertahanan untuk tahun ajaran 2021 yang akan mulai Agustus 2021.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*