Kelas Bahasa Indonesia Diajarkan di KBRI Paris, INALCO Paris, Université Le Havre dan Université La Rochelle

Duta Besar KBRI Paris, Arrmanatha C Nasir
Duta Besar KBRI Paris, Arrmanatha C Nasir (KalderaNews/Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Duta Besar KBRI Paris, Arrmanatha C Nasir menegaskan kelas BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Perancis terus diminati masyarakat Prancis.

Karena itu, dubes yang akrab disapa Tata ini pun menegaskan Bahasa Indonesia kini tidak hanya menjadi pemersatu bangsa, tetapi kini juga menjadi minat dan perhatian masyarakat internasional, termasuk masyarakat Prancis.

Sejauh ini Kelas BIPA telah diselenggarakan tidak hanya di KBRI Paris, tetapi juga tersebar di 3 kampus, yakni INALCO Paris, Université Le Havre, dan Université La Rochelle dengan jumlah pembelajar BIPA di Prancis ada sekitar 250 orang setiap tahunnya.

BACA JUGA:

Hingga kini profesi calon pengajar BIPA pun bermacam-macam, mulai dari mahasiswa tingkat master atau doktor, penulis, dosen dan karyawan. Ada pun domisili peserta tersebar di kota-kota di Prancis, seperti Paris, Grenoble, dan Nice.

Ia lantas menegaskan pengajar BIPA memiliki peran sentral dan secara otomatis melakukan diplomasi langsung yakni mewakili dan mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Prancis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*