KRI Nanggala 402, Inilah Beda Submiss dan Subsunk Hingga On Eternal Patrol

Sharing for Empowerment

Submiss

Istilah kedua adalah submiss. Submiss artinya kapal selam setelah pencarian awal tidak mendatangkan hasil. Submiss merupakan istilah pencarian awal atau pada saat sublook gagal saat memastikan keamanan kapal selam.

Saat submiss ini terjadi, terdapat peringatan ISMERLO (Internal Submarin Escape dan Rescue Liason Office) diaktifkan dan dilakukan untuk operasi penyelamatan.

Subsunk

Setelah kedua istilah tersebut di atas, terdapat istilah subsunk. Subsunk merupakan digunakan jika ada indikasi yang jelas bahawa kapal selam telah tenggelam. Pada kasus KRI Nanggala 402, pernyataan subsunk dikeluarkan setelah pencarian selama 72 jam.

On Eternal Patrol

Istilah on eternal patrol ini memang tampak puitis. Istilah yang berarti dalam patrol abadi. Kapal selam yang tenggelam diberi istilah ini ketika memang telah dinyatakan tidak mungkin kembali.

Istilah patroli dipergunakan oleh kapal selam ketika mulai meninggalkan pelabuhan dan berakhir saat kapal dapat kembali berlabuh di pelabuhan. Saat kapal selam tenggelam atau karam dan tidak berhasil kembali berlabuh pada pelabuhan terdekat, patrol yang dimaksudkan disebut patrol abadi. Selamat jalan, KRI Nanggala 402. Selamat melanjutkan patroli di keabadian, wahai para pahlawan bangsa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*