Mengenal Perbedaan Jurusan Seni Grafis dan Desain Grafis, Ini Cara Mudahnya




Tugas kuliah
Ilustrasi: mengerjakan tugas kuliah desain. (doc. KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah grafis kerap menjadi kebingungan bagi pelajar yang ingin mendaftar jurusan grafis. Kemiripan nama program studi atau jurusan ini dapat menimbulkan kekeliruan dalam menentukan pilihan. Perbedaan jurusan seni grafis dan desain grafis dapat diketahui sejak awal.

Seni grafis dan desain grafis memang tampak berbeda, persamaan dari keduany adalah sama-sama menghasilkan karya, manfaat dan tujuannya memposisikan karya tersebut.

BACA JUGA:

Seni grafis merupakan area seni murni, sedangkan desain grafis berada di area yang berbeda. Seni grafi merupakan seni murni seperti seni lukis, tetapi mediumnya merupakan alat-alat grafika atau percetakan.

Seni grafis tersedia di jurusan seni murni, tetapi mendalami grafika, mengeksplorasi beragam teknik cetak dari cetak tinggi dan hasilnya dipamerkan seperti pameran lukisan. Mirip dengan seni lukis, tetapi seni grafis menggunakan media, bahan, dan teknik yang berbeda.

Seperti seni murni, seniman atau karyanya menjadi subjek seni tersebut dan audiensi akan datang untuk melihat. Seniman seni grafis juga melakukan riset, tetapi risetnya ditekankan pada objek yang akan dilukis. Seniman seni grafis akan berhadapan dengan audiens dan menyampaikan pesan yang dibawa karyanya secara langsung. Tidak melalui komunikator.

Perbedaan jurusan seni grafis dan desain grafis dapat juga diketahui dari subjek audiens. Bila riset seni grafis berada di area objek seni, maka desain grafis ini risetnya pada audiens. Seorang desainer grafis akan mendatangi audiens dan melayani mereka. Seorang desainer grafis akan menjadi penghubung antara pemilik produk atau perusahaan dan masyakarat atau audiens. Sehingga seorang desainer grafis juga merupakan komunikator.

Desain grafis dapat juga disebut sebagai sarana komunikasi yang berupa ukuran dua dimensi dengan menggunakan teknik manual, digital, dan gabungan antara keduanya. Desain grafis bertujuan untuk memenuhi sarana komunikasi berupa karya dua dimensi yang membuat pemilik ide merasa puas dan ada pasar yang dapat dijangkau dengan karya.

Hasil karya desain grafis dapat berupa cover buku, poster pengumunan, poster layanan, desain kemasan, dan karya sejenis lainnya. Pesan dan ide dari desainer dapat terwujud dan tersampaikan melalui karya desain grafis ini. Desain grafis dapat dikatakan sebagai cabang atau bagian dari seni terapan yang menguatamakan nilai fungsinya.

Perbedaan jurusan seni grafis dan desain grafis ini dapat dipilah juga melalui peminatan. Bila kamu lebih berminat pada seni, maka seni grafis merupakan jurusan yang tepat. Sedangkan bila kamu lebih menyukai komunikasi dengan menggunakan media, maka jurusan desain grafislah tempat yang sesuai.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*