Inilah Manfaat Tugas Nirmana, Mahasiswa Desain Harus Baca




Tugas kuliah
Ilustrasi: mengerjakan tugas kuliah. (doc. KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak hanya mahasiswa desain, tugas kuliah kadang memang terasa memberatkan. Namun, yang namanya tugas, bila tidak dikerjakan akan makin memberatkan di kemudian hari, bukan. Mahasiswa desain pasti sudah akrab dengan yang namanya tugas nirmana.

Sebenarnya apakah nirmana itu? Mari sedikit ulas apakah nirmana itu untuk dapat dipahami lebih mudah oleh mahasiswa jurusan lain.

BACA JUGA:

Nirmana merupakan salah satu mata kuliah yang cukup penting yang dipelajari di tingkat awal oleh mahasiswa seni dan desain. Nirmana merupakan mata kuliah yang cukup membawa aura ngeri bagi sebagian mahasiswa. Meskipun demikian, tugas dari mata kuliah ini tetap harus dikerjakan dengan baik hingga tuntas.

Nirmana sebenarnya merupakan kata ganti yang berasal dari bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Secara harfial nirmana berasal dari dua kata yakni nir dan mana. Nir berarti tidak ada, dan kata mana berarti makna atau bentuk.

Secara materi, nirmana memuat kaidah unsur-unsur rupa seperti titik, garis, bentuk, warna, dan tekstur. Semua elemen ini adalah elemen dasar desain grafis. Kesatuan elemen ini bila disatukan akan menjadi sebuah karya yang indah.

Mahasiswa tingkat awal yang merasa kesulitan mengerjakan tugas nirmana ini sebenarnya hanya karena belum terbiasa dengan  elemen dasar desain ini. Belum paham akan materi nirmana sebenarnya bukan alasan untuk menghindari tugas ini.

Awalnya mahasiswa baru di jurusan desain mungkin bertanya-tanya apa kegunaan mengerjakan. Karena manfaat dari tugas nirmana ini akan dapat dirasakan bila sudah masuk di dunia kerja.

Berikut in manfaat menyelesaikan tugas nirmana bagi mahasiswa desain yang harus selalu dijadikan acuan.

  1. Tugas nirmana dapat membuatmu lebih memahami tata letak elemen desain.
  2. Setiap elemen memiliki fungsi yang berbeda dan menghasilkan kesan yang berbeda. Hal ini akan menjadi ciri khas dari setiap desainer.
  3. Kepekaan terhadap setiap elemen membuat selera seni meningkat.

Tugas nirmana dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan kemampuan pada masa kuliah. Dengan kemampuan yang terasah peluang kerja dan prestasi tentu akan terbuka lebih lebar.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*