Tetap Segar dan Bugar Menghadapi UTBK SBMPTN Saat Puasa, Ini Tipnya!

Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)
Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – UTBK SBMPTN 2021 gelombang kedua digelar mulai Senin, 26 April 2021. Kamu para pejuang PTN, meskipun tengah menjalankan ibadah puasa, tetap harus semangat meraih cita.

BACA JUGA:

Nah, berikut ini tip menghadapi UTBK SBMPTN saat menjalankan ibadah puasa Ramadan:

Asupan gizi harus seimbang

Selain berjuang mempersiapkan diri menghadapi UTBK, kamu juga mesti menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Salah satunya memenuhi asupan tubuh dengan makanan bergizi seimbang yang memenuhi unsur, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan cairan.

Seimbang di sini berarti sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang. Bergizi dan sehat berarti bahan makanan harus dalam kondisi baik serta aman dari bahan-bahan yang dapat membahayakan kondisi tubuh seperti pengawet dan juga pemanis buatan.

Selain itu, kamu harus memenuhi kebutuhan air minum yang cukup, yaitu minimal dua gelas air putih sebelum sahur dan satu gelas air putih setelah sahur.

Istirahat harus cukup

Selama mengikuti UTBK, sebaiknya kamu beristirahat yang cukup. Ini juga menjadi upaya untuk menjaga agar tubuh tetap prima selama mengikuti ujian. Kualitas tidur yang baik dapat diindikasi dari jam tidur yang tidak terpotong-potong. Penting juga untuk mematikan lampu selama tidur agar tubuh memproduksi hormone melatonin yang dapat memicu rasa kantuk.

Olahraga ringan secara rutin

Kamu juga perlu melakukan aktifitas fisik ringan seperti gerakan peregangan (stretching) untuk menambah kemampuan otak dalam menyerap oksigen yang diperlukan dalam proses berfikir. Durasi olahraga yang cukup berkisar antara 20-40 menit setiap hari.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*