Berkat Aplikasi “Si Kromo”, Mahasiswa ITTP Jadi Finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2021

Reza Iqbal Pramudya, mahasiswa Institut Teknologi Telkom Telkom Purwokerto. (KalderaNews.com/Dok.ITTP)
Reza Iqbal Pramudya, mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto. (KalderaNews.com/Dok.ITTP)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Adalah Reza Iqbal Pramudya, mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto masuk dalam jajaran 10 besar finalis putra Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Kegiatan ini digelar Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

Reza Iqbal adalah mahasiswa prodi S1 Teknik Informatika angkatan 2019. Ia lolos berkat proposal yang diajukan mengenai sebuah aplikasi web yang diberi nama “Si Kromo”.

BACA JUGA:

Si Kromo merupakan aplikasi penerjemahan bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa Krama. Ia merancang ide ini agar bahasa Jawa, terutama Jawa Krama dapat terus dilestarikan generasi muda, serta mempermudah para pengguna yang ingin belajar bahasa krama.

Gagasan ini berawal dari keprihatinannya terhadap banyaknya pemuda seusianya yang mulai melupakan bahasa Jawa Krama. Ia merasa jika mereka sudah tidak mengenalinya lagi bahkan tidak menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya prihatin karena bahasa Jawa Krama sudah jarang sekali digunakan oleh kalangan muda. Mereka lebih memilih berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa asing. Bukan saya tidak setuju dan tidak mendukungnya, tetapi menurut saya jika generasi muda tidak melestarikannya, lantas siapa lagi?” kata pemuda yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*