Dongkrak Pedagogi Guru Indonesia, Unika Atma Jaya Gandeng Claned Group Helsinki, HOLL Finlandia dan PT ALT

Unika Atma Jaya Jakarta
Mahasiswa Unika Atma Jaya Jakarta (KalderaNews/Dok. Humas Unika Atma Jaya)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Claned group yang berbasis di Helsinki menjalin kerjasama dengan House of Leading and Learning (HOLL) Finlandia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) Jakarta dan PT Anugerah Lestari Terpadu (ALT) dalam rangka peluncuran program peningkatan pedagogi guru di Indonesia.

Kerja sama ini akan mendukung pendidikan guru di Indonesia melalui modul pembelajaran interaktif dari Star Lessons dari HOLL, Finlandia, dan Unika Atma Jaya, dengan platform pembelajaran daring dari Claned.

Program ini ingin membangun pengalaman praktik pedagogis secara digital dengan kurikulum dari House of Leading and Learning (HOLL), Finlandia. Berbasis pada pembelajaran siswa, model-model pembelajaran berikut akan diberikan: proyek (project-based), kasus (case-based), penelitian (research-based), pembelajaran multidisiplin (multi-disciplinary learning), fenomena (phenomenon-based), dan flipped classroom.

BACA JUGA:

Guru akan dibimbing untuk memahami dan menerapkan model pembelajaran beragam sesuai dengan tahap belajar siswa yang berbeda. Misalnya, ketika siswa belajar keterampilan dasar atau ketika mereka belajar suatu fenomena tertentu. Guru belajar membuat pilihan pedagogi yang tepat berdasarkan materi, tujuan, serta proses berpikir guru tentang bagaimana suatu pembahasan diajarkan dan dipelajari sesuai dengan siswa.

Guru juga akan belajar bagaimana mendampingi dan meningkatkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah, kolaborasi, dan komunikasi. Program ini juga akan membekali para guru ‘learning to learn’, self-assessment, keterampilan presentasi, dan portfolio untuk pembelajaran berkelanjutan. Secara prinsip, program ini akan membangun kesadaran dan keterampilan berpikir guru dalam menjalankan peran barunya di era disrupsi ini, dengan tidak hanya mampu mengajar, membimbing, dan mengases tetapi juga memberikan umpan balik dan menghasilkan keluaran pembelajaran yang dapat diukur.

“Claned memiliki reputasi dalam hal skalabilitas dan kapasitasnya untuk melatih jutaan guru berbasis pedagogi dan solusi intuitif,” terang Vesa Perala, Founder & CEO dari Claned Group Oy Ab.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan digital pedagogi profesional, seperti Hanne Koli, HOLL, dan Luciana, Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa Unika Atma Jaya untuk menerapkan pelatihan guru berbasis digital yang berhasil,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO dari HOLL, Koli menambahkan bahwa guru akan belajar meningkatkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah, kolaborasi, dan komunikasi.

“Keterampilan yang diajarkan mengasah kemampuan guru dalam self-assessment, presentasi, dan portofolio dan membantu guru dalam mengajar, membimbing, dan memberikan umpan balik, serta menganalisis kinerja dan hasil belajar siswa.”

Senada diungkapkan Dekan Fakultas Pendidikan dan Bahasa Unika Atma Jaya, Dr. Luciana yang berpandangan bahwa program ini menawarkan pedagogi secara utuh melalui pengalaman digital yang merajut proses berpikir guru secara mendalam di proses belajarnya, sebelum guru bisa mentransformasi pembelajaran siswa.

“Selama ini teman-teman guru telah berjuang meningkatkan kapasitasnya untuk menghadirkan pembelajaran yang relevan melalui berbagai pelatihan. Program ini akan membantu teman-teman guru memaknai pengalaman dan pelatihan yang telah diperoleh dalam kerangka yang lebih strategis, tidak hanya untuk menerapkan suatu prosedur pembelajaran tetapi untuk membentuk cara pikirnya sehingga guru dapat membimbing cara pikir siswa dalam proses pembelajaran,” sambung Luciana.

“Program ini menggabungkan inisiatif dan kemampuan guru lokal dengan tim ahli dari Finlandia yang akan berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam pendidikan nasional kita, khususnya transformasi pendidikan guru di Indonesia,” tegas Andreas Tedjasukmana, Direktur PT ALT.

Kerja sama tiga institusi ini akan bermanfaat dalam hal penawaran solusi digital yang memiliki skalabilitas untuk meningkatkan keterampilan guru di Indonesia, pelatihan praktis yang diterapkan untuk mendukung pembelajaran berbasis multidisiplin, proyek, kasus, penelitian, fenomena serta juga flipped classroom model dan percepatan keberhasilan peningkatan pendidikan guru di Indonesia.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*