22 Juni, HUT Kota Jakarta ke-494, Begini Sejarah, Tema, dan Logonya




Logo HUT Jakarta 494 tahun 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Logo HUT Jakarta 494 tahun 2021. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Jakarta tepat berusia 494 tahun pada Selasa, 22 Juni 2021 ini.

Peringatan ulang tahun Jakarta pada tanggal 22 Juni ini merujuk pada hari ketika pasukan gabungan Demak-Cirebon yang dipimpin Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa pada tahun 1527. Sejak saat itulah, nama Sunda Kelapa diubah menjadi Jayakarta.

BACA JUGA:

Penetapan tanggal 22 Juni 1527 sebagai hari lahir Jakarta digagas Wali Kota Jakarta tahun 1953-1958, Sudiro. Ia menetapkan tanggal tersebut berdasarkan hasil penelitian tiga orang ahli, yakni Mohammad Yamin, Dr. Sukanto, dan Sudarjo Tjokrosiswoyo dalam naskah berjudul “Dari Jayakarta ke Jakarta”.

Tahun ini, tema HUT Jakarta 2021 adalah “Jakarta Bangkit”. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, dalam tema itu terdapat semangat dan optimisme dalam menghadapi pandemi yang telah melanda Jakarta dan Indonesia selama satu tahun lebih.

Anies berharap, kebangkitan Jakarta ini akan lebih baik daripada masa sebelum Jakarta menghadapi pandemi. Melalui imunitas kolektif dengan vaksinasi, Jakarta diharapkan bangkit dan akan lebih baik dari sebelum pandemi.

Logo yang dipilih memiliki filosofi yang menggambarkan harapan dan mimpi masyarakat Jakarta untuk bangkit. Selain itu, ada elemen identitas Plus Jakarta yang menunjukkan sebagai Kota Kolaborasi.

Rangkaian kegiatan HUT ke-494 Kota Jakarta akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan rangkaian acara yang diadakan secara virtual agar bisa dinikmati Bersama keluarga di rumah.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*