Universitas Surabaya (Ubaya) Gencar Edukasi Bahaya “Penyakit” Plagiarisme

Plagiarisme
Stop Plagiarisme (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Universitas Surabaya gencar melakukan edukasi tentang plagiarisme pada mahasiswa dan masyarakat umum. Baru-baru ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Surabaya menyelenggarakan webinar bertajuk “Publish & Flourish: Menghasilkan Publikasi Ilmiah Secara Berintegritas” pada Kamis, 3 Juni 2021.

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya, Lina Natalya S.Psi., M.Si menegaskan plagiat, penjiplakan, dan pelanggaran hak cipta merupakan sesuatu hal yang sering kita dengar dan lazim diutarakan, tetapi banyak sekali yang menjadikan ketiga hal itu saling overlap sehingga terkadang disalahartikan.

Ia pun menegaskan plagiarism itu bukan selalu ketika pemikiran atau penemuan idenya, namun lebih pada tergantung dengan apa yang ditulis atau dituangkan nantinya.

BACA JUGA:

Sementara itu dosen lainnya, Dosen dan Wakil Dekan II Fakultas Psikologi Ubaya, Dr. Ide Bagus Siaputra S.Psi mengungkapkan bahwa pemahaman mengenai pelanggaran 3P (Penjiplakan, Pelanggaran hak cipta dan Plagiarisme) merupakan hal mutlak yang harus dipahami secara mendetail, sehingga dapat ditangani nantinya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*