5 Tip Parafrase Kalimat Jurnal, Anti Plagiasi dan Tanpa Mengubah Makna

Ilustrasi mengerjakan penelitian (Kalderanews/Ist)
Ilustrasi mengerjakan penelitian (Kalderanews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tantangan menulis jurnal atau skripsi ialah membaca banyak referensi. Menulis satu halaman saja perlu waktu untuk membaca banyak referensi. Semakin banyak, maka pembahasan semakin kaya. Akan tetapi, harus tetap pada koridornya supaya ada benang merah pada pembahasan.

Namun, semakin banyaknya referensi, semakin kamu harus rajin cek plagiasi. Bisa saja kalimat yang kamu susun menunjukkan skor kesamaan yang tinggi saat cek di Turnitin. Padahal, bisa saja kamu tidak ada niat untuk plagiat.

Parafrase kalimat merupakan cara untuk meminimalisir plagiasi. Mahasiswa menggunakan susunan kalimat sendiri dengan tetap mencantumkan sitasi pada kalimatnya. Meskipun begitu, parafrase tetap bisa menimbulkan plagiasi jika tidak teliti. Lalu, bagaimana upaya parafrase kalimat yang benar?

BACA JUGA:

Baca Kalimat Jurnal Berulang Kali

Pastikan kamu memiliki jurnal acuan yang lengkap agar pembahasan penelitian semakin kaya. Lalu, baca kalimat pada jurnal secara berulang kali. Tidak ada salahnya menggunakan bantuan Google Translate jika kesulitan menerjemahkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*