5 Tip Parafrase Kalimat Jurnal, Anti Plagiasi dan Tanpa Mengubah Makna

Sharing for Empowerment

Meskipun ada alat canggih untuk terjemahan, bukan berarti kamu menelan mentah-mentah kalimatnya. Kamu harus baca berulang kali hingga bisa membuat interpretasi yang tepat. Parafrase bukan merubah makna, melainkan membuat kalimat sendiri dengan substansi yang serupa.

Tuliskan Kata Kunci

Buatlah daftar beberapa kata di bawah parafrase untuk melihat makna yang serupa, tapi dengan susunan kalimat berbeda. Tuliskan kata kunci yang menunjukkan subjek parafrase kamu. Kata kunci membantu kamu untuk fokus pada substansi atau tema penelitian yang sedang dijalani.

Gunakan Tanda Petik untuk Kutipan Langsung

Jika kamu mengutip secara langsung alias benar-benar sama, maka gunakan tanda petik, italic, dan sertakan sitasi. Perhatikan kebijakan kampus untuk menulis kutipan, baik langsung atau tidak langsung. Biasanya, kampus mengeluarkan panduan mengambil kutipan dari referensi untuk skripsi atau penelitian.

Fokus pada Kalimat Gagasan

Fokuslah pada kalimat gagasan saat parafrase sebuah kalimat. Itulah gunanya membaca kalimat jurnal berulang kali, maka kamu akan menemukan kalimat gagasan. Gagasan tersebut dikembangkan menjadi kalimat lain yang tidak mengubah makna teks asli.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*