Dear Mahasiswa, Presiden Jokowi Minta Kamu Juga Belajar di Luar Kampus

Presiden Joko Widodo. (KalderaNews.com y.prayogo)
Presiden Joko Widodo. (KalderaNews.com/y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Presiden Joko Widodo berharap mahasiswa tak hanya belajar di kampus. Karena ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) terbaru tak hanya ada di dalam kampus, tetapi juga perkembangan di dunia industri. Pun kearifan tidak hanya di kampus, tetapi di tengah masyarakat.

BACA JUGA:

“Mahasiswa harus diberi kesempatan belajar kepada siapa saja, bukan hanya kepada dosen, belajar di mana saja, bukan hanya di kampus, tetapi juga bisa di masyarakat, bisa di industri dan di tempat-tempat lain,” ujar Presiden Jokowi dalam Festival Kampus Merdeka, Selasa, 15 Juni 2021.

Presiden berkata, bahan ajar bagi mahasiswa bukan hanya di buku, tetapi juga praktik di lapangan. Karya mahasiswa juga tidak hanya karya akademik, namun bisa membuat karya-karya teknologi yang solutif bagi masyarakat, hingga karya kewirausahaan sosial yang memecahkan persoalan publik.

Maka, kata Presiden Jokowi, kampus harus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar kepada siapa saja, tentang apa saja, lintas ilmu. Universitas harus memberikan porsi SKS yang banyak untuk mahasiswa belajar di luar kampus.

Kalangan industri, ujar Presiden Jokowi, juga harus membuka diri untuk menerima mahasiswa magang. Sudah saatnya industri masuk kampus untuk ikut mengajar dan melakukan riset bersama.

“Mahasiswa harus lebih aktif mencari sumber pembelajaran yang baru di luar kampus. Dengan perkembangan teknologi digital sekarang ini, hal tersebut lebih mudah dilakukan,” kata Presiden Jokowi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*