62 Persen Anak Alami Kekerasan Verbal Saat PJJ dari Rumah, Solusinya?

Anak Memberontak Melawan Orangtua
Anak Memberontak Melawan Orangtua (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Psikolog Anak RS Yarsi, Devi Sani, M.Psi menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan mental anak, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

Menurut survei yang dilakukan terhadap lebih dari 3.200 anak tingkat sekolah dasar hingga SMA pada Juli 2020 lalu, sebanyak 13% responden mengalami gejala-gejala yang mengarah pada gangguan depresi ringan hingga berat selama masa “kenormalan baru”.

“Sebanyak 93% yang menunjukkan gejala depresi berada pada rentang usia 14 hingga 18 tahun, sementara 7% di rentang usia 10-13 tahun,” paparnya.

BACA JUGA:

Devi Sani menambahkan, tidak dapat dipungkiri pandemi ini dapat berdampak kepada aspek psikososial dari anak, di antaranya adalah perasaan bosan karena harus tinggal di rumah, khawatir tertinggal pelajaran, merasa takut terkena penyakit, merindukan teman-teman, dan khawatir tentang penghasilan orangtua.

“Dampak paling membahayakan adalah sebanyak 62 persen anak mengalami kekerasan verbal oleh orang tuanya selama berada di rumah,” tambah Devi di webinar “Pentingnya Menjaga Imun dan Psikologis Peserta Didik Menghadapi Tahun Ajaran Baru” pada Kamis pekan lalu, 8 Juli 2021.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*