Dear Mahasiswa, Inilah 7 Cara Menjalani Isolasi Mandiri Tapi Tetap Bisa Kuliah

Ilustrasi: Pesan pasien Covid-19. (Ist.)
Ilustrasi: Pesan pasien Covid-19. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi belum selesai. Kasus Covid-19 terus bertambah. Hal ini tentu membuat semua orang kalang kabut. Apalagi jika kamu atau ada anggota keluarga yang terinfeksi virus ini, sehingga harus menjalani isolasi mandiri selama beberapa hari.

Melakukan isolasi mandiri bersamaan dengan kuliah daring di rumah pastilah tidak mudah. Tapi jangan pernah menyerah. Masih banyak solusi yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menjalani isolasi mandiri dan kuliah secara daring.

BACA JUGA:

So, inilah 7 panduan untuk menjalani kuliah jika kamu terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri:

Izin dan lapor kepada dosen

Hal pertama yang mesti kamu lakukan jika terpapar Covid-19 atau mesti menjalani isolasi mandiri adalah memberitahu kepada dosen atau pihak kampus. Kamu juga mesti meminta izin kepada dosen seandainya tidak bisa mengikuti kuliah secara daring. Dengan demikian dosen dan kampus mengetahui kondisi kamu.

Saat ini, banyak kampus yang telah membuka shelter bagi warga kampus yang terpapar Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini jika diperlukan.

Jaga semangat dan tetap bahagia

Tetaplah bersemangat! Ini sangat penting agar daya tahan tubuh mampu melawan virus itu. Selain itu tetaplah Bahagia dan gembira. Carilah aneka hiburan baik secara online maupun offline, seperti dari media sosial, buku, atau ngobrol secara virtual dengan teman-teman.

Kerjakan tugas tepat waktu

Jika kondisi kamu memungkinan, tetaplah mengikuti kuliah secara daring. Selain itu, kerjakan tugas kuliah dan kumpulkan tepat waktu. Jadi, korona bukanlah penghalang bagi kamu untuk tetap bisa mengikuti kuliah.

Sering komunikasi dengan teman

Dalam kondisi isolasi mandiri, kamu mesti sering berkomunikasi dengan teman-teman, agar kamu tetap selalu mendapatkan informasi terbaru terkait dunia kampus. Komunikasi dengan teman juga bisa memberikan motivasi dan semangat dalam menjalani isolasi mandiri.

Memanfaatkan waktu luang

Saat isolasi mandiri, kamu pasti memiliki waktu luang yang banyak sekali. Manfaatkanlah waktu itu untuk banyak hal, misal membaca, menulis, olahraga, atau mengikuti kursus atau pelatihan secara online sesuai minat kamu.

Minum obat dan vitamin sesuai anjuran dokter

Agar cepat dalam proses penyembuhan, kamu harus minum obat dan vitamin secara rutin sesuai anjuran dokter atau tenaga medis.

Makan teratur dan berolahraga

Makan saat kondisi sakit memang tak enak. Tapi, agar kamu lekas sembuh, makanlah secara teratur dengan menu yang bergizi. Inia mat penting agar kondisi tubuh kamu kuat. Nah, jika kamu sudah bisa mulai beraktivitas, lakukanlah olahraga ringan terlebih dahulu secara rutin.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*