Pelajar Wajib Tahu, Inilah Panduan Lengkap Cara Memilih Bimbel Online

Ilustrasi; Belajar mandiri secara online. (Ist)
Ilustrasi; Belajar mandiri secara online. (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari ini semua serba online. Apapun bisa dikerjakan di depan layar smartphone atau laptop, termasuk belajar.

Nah, fenomena bimbingan belajar (bimbel) online marak sebelum pandemi korona melanda. Bimbel online dipilih lantaran lebih efisien dan memberikan pengalaman yang menarik saat belajar.

Kini, ada banyak jasa bimbel online yang bertebaran. Tapi, kamu mesti jeli dan pintar memilih bimbel online, agar uang nggak terbuang sia-sia.

BACA JUGA:

So, inilah panduan memilih bimbel online:

Materi berkualitas dan lengkap

Satu hal yang harus kamu perhatikan banget adalah materi yang diberikan berkualitas dan lengkap. Percuma dong, kamu menghabiskan waktu dan uang untuk mendengar penjelasan dari tutor (guru), tapi materinya gitu-gitu aja dan nggak lengkap.

Maka, sebelum mendaftar bimbel online, kamu mesti memperhatikan materi-materi dan pelajaran yang ditawarkan. Biasanya sih ada daftar pelajaran serta materi yang bisa kamu pilih.

Sebelum mendaftar, sebaiknya kamu kumpulkan informasi terlebih dahulu. Jangan hanya mengikuti teman atau termakan iklan dan tawaran promo.

Tutor yang seru dan mudah dimengerti

Tutor (guru) menjadi salah satu kunci keberhasilan kamu mengikuti bimbel online, karena lewat merekalah materi disampaikan. Maka, carilah bimbel yang menyediakan tutor-tutor seru, nggak ngebosenin, dan mudah dimengerti. Selain itu, carilah tutor yang interaktif, sehingga kamu tidak sungkan untuk bertanya bila belum memahami materi.

Cari bimbel online dengan tutor yang berpengalaman

Lagi-lagi tentang tutor. Dalam bimbel online, peran tutor memang sangat penting. Maka, carilah bimbel online yang memiliki tutor terbaik.

Biasanya, bimbel online yang bagus berani menjamin bahwa tutor mereka berkualitas serta memiliki pengalaman dalam mengajar selama minimal 5 tahun.

Video kreatif dan menyenangkan

Biasanya, bimbel online menyediakan sebuah video offline, agar kamu bisa memutar video itu berulang-ulang kali, sehingga pelajaran yang disampaikan tutor dalam video tersebut mudah kamu mengerti.

Maka, carilah bimbel online yang menyajikan video offline yang dikemas dengan kreatif dan menyenangkan. Jika video pembelajaran kebanyakan angka, tulisan dan slideshow aja, pasti akan basi dan membuat kamu jadi males menyimak.

Video pembelajaran dalam bimbel online merupakan hal yang sangat penting, karena itu metode utama agar kamu mendapatkan pelajaran.

Testimoni alumni bimbel

Jualan kecap pasti nomor satu. Itu bahasa iklan yang kerap dijumpai. Maka, jangan sampai kamu termakan bahasa iklan. Cara terbaik untuk mengetahui kualitas bimbel online adalah lewat para alumninya.

Maka, carilah kakak kelas yang pernah mengikuti bimbel online. Gali informasi sebanyak-banyak dari mereka, sebelum kamu mendaftar masuk ke bimbel online. Testimoni para alumni biasanya lebih jujur daripada iklan bimbel online tersebut.

Dari para alumni ini, kamu bisa mengetahui, apa saja kelebihan dari bimbel online tersebut, sehingga kamu bisa memaksimalkan sesi pembelajaran dengan sang tutor nantinya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*