Pemerintah Segera Cairkan Bantuan Selama PPKM Darurat, Ini Daftarnya

Ilustrasi: Bantuan Langsung Tunai (BLT) pendidikan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Bantuan Langsung Tunai (BLT) pendidikan. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) segera salurkan bantuan sosial (bansos) mulai dari bantuan sosial tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pemerintah melalui PLN juga akan menyiapkan stimulus listrik pada Juli 2021. Sementara, bagi warga DKI Jakarta, Pemprov akan menyediakan bantuan Kartu Jakarta Pintar untuk siswa SD hingga SMA.

BACA JUGA:

Nah, inilah daftar bantuan sosial yang akan digelontorkan pemerintah:

Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos

Seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kemensos bakal kembali menyalurkan bansos tunai. BST bakal disalurkan untuk bulan Mei, Juni, dan Juli 2021 sebesar Rp 600.000.

“Warga akan menerima Rp 600 ribu sekaligus, tapi saya minta hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Penyaluran BST tak berubah atau sesuai dengan skema Januari-April 2021, yaitu melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini (Juli) dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga,” kata Mensos.

Bansos PKH Kemensos

Program Keluarga Harapan (PKH) juga bakal dicairkan pada Juli 2021. Bansos PKH Kemensos ini disalurkan pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021 melalui BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Bansos PKH ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesehatan keluarga, seperti untuk biaya transportasi ke layanan kesehatan, membeli makanan bergizi serta kebutuhan perlengkapan kesehatan. Bantuan PKH ini juga bisa digunakan untuk peningkatan pendidikan anak, seperti untuk biaya pendidikan dan ekstrakulikuler hingga membeli kebutuhan peralatan sekolah.

Bansos BPNT Kemensos

Bantuan sosial lain yang berada di bawah Kemensos yaitu BPNT. Bantuan ini dikeluarkan setiap bulan dengan jumlah Rp 200 ribu per bulan per kepala keluarga. Penyalurannya dilakukan melalui perbankan dan agen yang ditunjuk oleh pemerintah.

Jadwal pencairan BPNT mulai dari Januari – Desemser 2021. Bansos BPNT ini bisa digunakan untuk bahan pangan, seperti sumber karbohodrat (beras, jagung, sagu), protein hewani (telur, daging ayam, daging sapi, ikan segar) dan sumber vitamin dan mineral sayuran dan buah-buahan.

Stimulus Diskon Listrik Juli 2021

Diskon listrik juga kembali diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat mulai dari Juli-September 2021.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), diskon listrik Juli- September 2021, besarannya adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.
  • Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik. Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website, layanan Whatsapp, maupun melalui aplikasi PLN Mobile.

KJP Plus Jakarta Juli 2021

Khusus bagi warga DKI Jakarta, Pemprov menyediakan bantuan berupa KJP Plus. Bantuan ini disalurkan setiap bulannya.

Jumlah nominal yang akan cair per bulan sebesar:

  • Jenjang SD/SDLB/MI – Rp 250.000
  • Jenjang SMP/SMPLB/MTs – Rp 300.000
  • Jenjang SMA/SMALB/MA – Rp 420.000
  • Jenjang SMK – Rp 450.000
  • PKBM – Rp 300.000.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*