Program Kompetensi Holistik UMS, Mahasiswa Harus Aktif Berorganisasi, Riset, dan Pengabdian Masyarakat

Ilustrasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

SURAKARTA, KalderaNews.com – Tahun ajaran baru ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mencanangkan program holistik. Program ini mendukung mahasiswa yang terlibat aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk mengembangkan kemampuan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Pengembangan ini dilakukan melalui riset dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik UMS, Harun Joko Prayitno. Menurut Harun, tugas seorang mahasiswa selain memiliki tanggung jawab akademik, juga memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Program holistik ini merupakan kombinasi antara pembinaan dan pemberdayaan. Mahasiswa diharapkan mengikuti program ini dan mampu memiliki kontribusi nyata kepada masyarakat.

BACA JUGA:

“Mahasiswa yang mengikuti UKM diharapkan sungguh-sungguh dalam mengikuti organisasi. Sehingga mahasiswa juga dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat,” ujar Harun.

Mahasiswa harus mengedepankan unsur kreatif, kemandirian, dan inovasi. Mahasiswa yang mengikuti UKM bukan alasan menjadi pasif dan Indek Prestasi (IP) jangan rendah. Harun menambahkan, agar IP yang bagus ini juga berkontribusi terhadap kreativitas mahasiswa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*