Alhamdulillah, 4 Prodi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Raih Akreditasi Internasional AUN-QA

Wisuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Wisuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews.com/Doc.UMY)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Kabar membanggakan menghampiri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Empat program studi, yakni Manajemen, Teknik Sipil, Ilmu Pemerintahan, dan Agroteknologi mendapatkan sertifikasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Sertifikasi itu berdasar asesmen yang diadakan pada awal Mei lalu. AUN-QA mengacu kepada standar akreditasi international. AUN-QA dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report).

BACA JUGA:

Ketua Task Force AUN-QA UMY, Evi Rahmawati mengatakan, hasil sertifikasi ini mengindikasikan bahwa UMY berada di jalur yang tepat untuk sampai pada pencapaian yang sudah dirancang. Salah satunya, pada tahun 2020-2025 UMY ingin mewujudkan research exellence university. Indikatornya UMY diharapkan memiliki keunggulan internasional sehingga mampu menjadi Leading ASEAN University.

“Sesuai Milestone UMY, yaitu kami ingin banyak melakukan internasionalisasi, melakukan kerjasama dengan universitas luar negeri, pertukaran pelajar, dan alumni UMY bisa berkiprah di dunia internasional,” ungkap Evi.

Evi menambahkan, untuk mendapat sertifikasi ini, proses yang dilalui cukup panjang. Ia mengisahkan, proses ini sudah dimulai sejak 2018. Saat itu, UMY telah mempersiapkan semua hal terkait internasionalisasi kampus.

“Selain evaluasi dilakukan melalui dokumen, pihak AUN juga melakukan interview kepada kami. Alhamdulillah, nilainya dari empat prodi itu Adequate as Expected,” sambung Evi.

Evi berharap, tidak hanya empat prodi itu saja yang tersertifikasi AUN-QA. Kampus UII akan berjuang agar semua prodi segera menyusul mendapat sertifikasi yang sama.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*