Kabar Bahagia! Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UMY Pertahankan Akreditasi A




Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews/Ist)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KalderaNews.com/Ist)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Kabar bahagia datang kepada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di awal tahun 2021. Program studi tersebut berhasil mempertahankan akreditasi A untuk keempat kalinya. Prodi yang berdiri di bawah naungan Fakultas Agama Islam (FAI) tersebut sudah berdiri sejak 15 tahun yang lalu.

Akreditasi ini berdasarkan kepada Surat Keputusan Nomor 112/SK/BAN-PT/Ak-PPK/S/I/2021 yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku sampai tahun 2025 mendatang. 

Ketua Program Studi KPI, Twediana Budi Hapsari menuturkan bahwa mempertahankan akreditasi bukanlah hal mudah karena banyak aspek penilaian, salah satunya cara program studi mendapatkan mahasiswa baru hingga membentuk alumni yang berkualitas.

BACA JUGA:

Ia mengungkapkan bahwa fakultas berusaha menjadi rumah bagi para mahasiswa, sehingga belajar jadi nyaman.

“Dalam prosesnya, kualitas dosen dan kegiatan belajar-mengajar juga dijaga. Selain itu, kami juga menjaga hubungan dengan para mahasiswa sehingga mereka merasa nyaman dan homey berada di program studi ini,” tuturnya.

Dilansir dari situs resmi UMY, program studi menekankan pada pendekatan hubungan agar mahasiswa KPI berprestasi. Berkaca pada tahun lalu, rekognisi prestasi yang diraih oleh mahasiswa KPI mencapai 58 prestasi baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik.

“Masa pandemi pun tidak menjadi penghalang namun menjadi sebuah tantangan baru untuk akreditasi ini. Hal ini, membuat KPI beradaptasi dan mengubah banyak hal dalam bidang akademiknya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan akreditasi yang terus bertahan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri para mahasiswa serta alumni KPI dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Mereka dapat berkembang di luar kampus dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Islam.

“Untuk selanjutnya, program studi KPI sedang bersiap untuk meningkatkan akreditasinya dari A menjadi Unggul melalui standar akreditasi yang baru dengan sistem penilaian yang berbeda,” tandasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*