3 Cara Meningkatkan Keterampilan Menyimak untuk Pelajar dan Mahasiswa

Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih

JAKARTA, KalderaNews.com – Menyimak merupakan keterampilan super penting bagi pelajar dan mahasiswa. Sayangnya, keterampilan ini tidak serta merta dapat dimiliki oleh semua orang. Padahal ini merupakan soft skill penting bagi banyak orang.

Keterampilan menyimak ini dapat dilatih agar makin berguna dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya, keterampilan menyimak tidak hanya diperlukan oleh pelajar dan mahasiswa saja, melainkan oleh masyarakat secara umum.

BACA JUGA:

Inilah tiga hal penting cara meningkatkan keterampilan menyimak untuk pelajar dan mahasiswa

Keterampilan menyimak tidak sekadar mendengarkan

Menyimak bukan berarti mendengarkan saja. Namun, lebih dari itu, keterampilan merupakan proses mendengarkan, mengidentifikasi, menginterpretasi, menilai, dan mereaksi makna bunyi bahasa. Untuk dapat meningkatkan keterampilan meyimak, sebagai pelajar dan mahasiswa kamu harus paham hal ini terlebih dahulu.

Keterampilan menyimak itu penting

Keterampilan menyimak merupakan hal yang krusial atau penting. Terutama dalam keterampilan berbahasa. Jika seseorang tidak dapat menyimak dengan baik, kemungkinan besar kemampuan berbahasa yang lain juga tidak optimal. Keterampilan ini sangat penting bagi prestasi akademik pelajar dan mahasiswa.

Menyimak merupakan salah satu kegiatan kebahasaan yang paling besar perannya bagi pelajar dan mahasiswa. Sebab di sana ada keterampilan mendengarkan, mengidentifikasi, menginterpretasi, menilai, dan mereaksi atau berespon.

Maka dengan dengan keterampilan ini, bila kamu aplikasikan saat pembelajaran baik offline maupun online, maka kamu akan memiliki prestasi akademik yang bagus.

Tiga cara meningkatkan keterampilan menyimak

Tiga hal penting untuk meningkatkan keterampilan menyimak antara lain fokus, catatan, dan respon. Fokus artinya kita dapat memusatkan dan mengetahui jangka perhatian. Catatan disarankan untuk menyiapkan sesuatu yang dapat digunakan sebagai pengingat misalnya menuliskan kata kunci, kesan mendalam atau lambang dan simbol.

Sedangkan respon atau reaksi adalah menempatkan umpan balik sesuai dengan konteks atau kondisi yang sedang terjadi.

Nah, bila keterampilan menyimak ini penting banget untuk pelajar dan mahasiswa, sebaiknya mulai saat ini kita melakukan penilaian terhadap diri sendiri apakah kita telah memiliki keterampilan satu ini dengan baik. Bersama, yuk, kita tingkatkan prestasi di sekolah dan di kampus melalui keterampilan penting ini!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*