Tip Jitu Menerapkan Teknik Membaca Tanpa Mengeja untuk Anak Usia Dini

Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Mendampingi anak belajar di rumah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kemampuan membca merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Banyak hal yang dapat dikembangan dan diraih ketika kita mempunyai kemampuan membaca ini.  Dan kemampuan membaca sejak dini memperlukan peran orang tua.

Zaman dulu, para guru dan orang tua kita mengajari membaca dengan cara mengeja tiap huruf, lain halnya dengan masa kini. Bila cara mengeja anak diajarkan untuk menggabungkan dua huruf, sedangkan teknik tanpa mengeja anak diajarkan untuk menghafal suku kata pada setiap kata.

BACA JUGA:

Sebenarnya tidak banyak perbedaan dari kedua teknik ini. Membaca tanpa mengeja membuat anak lebuh mudah menghafal. Dalam mengajar anak membaca tanpa mengeja, terdapat prinsip yang harus diperhatikan yakni:

  • Tidak menggunakan istilah belajar, melainkan menggantinya dengan istilah bermain.
  • Tidak mengenalkan huruf.
  • Tidak menggunakan istilah suku kata, sebaliknya mengganti kata tersebut dengan nama.

Agar orang tua dapat berhasil mengajarkan anak membaca tanpa mengeja, inilah tip-tip khusus yang dapat dijadikan panduan:

Gunakan media belajar

Agar proses belajara mambaca jadi aktifitas yang menyenangkan bagi anak, orang tua dapat menggunakan media belajar sederhana yang menarik. Misalnya flashcard, buku, table atau huruf magnet.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*