21 November, Hari Pohon Sedunia, Mengenang Aktivis Lingkungan Hidup Julius Sterling Morton

Hari Pohon Sedunia. (Ist.)
Hari Pohon Sedunia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pohon Sedunia diperingati tiap 21 November. Hari ini didedikasikan untuk menghormati jasa Julius Sterling Morton, aktivitis lingkungan asal Amerika Serikat yang giat mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Julius Sterling Morton, lahir pada 22 April 1832 yang berprofesi sebagai editor surat kabar di awal karirnya. Lantas, di masa Presiden Grover Cleveland, dia menjadi sekretaris agrikultur juga sempat menjabat sebagai Gubernur Nebraska.

BACA JUGA:

Julius Sterling Morton sangat mendukung reservasi hutan serta berjasa dalam memberikan pelayanan yang terkoordinasi bagi para petani. Dia juga dikenal suka menanam berbagai macam pohon apel yang langka. Peringatan Hari Pohon Sedunia atau yang dikenal dengan “Arbor Day” diusulkannya pada 1872.

Kata “Arbor” diambil dari Bahasa Latin yang berarti pohon. Memang, Hari Pohon diperingati di tanggal berbeda-beda di setiap negara, tergantung iklim dan musim tanam di setiap negara.

Arbor Day dimulai Julius Sterling Morton di Nebraska pada 10 April 1872. Di hari itu, sekitar satu juta pohon berhasil ditanam di Nebraska. Langkah ini dilakukan Julius untuk mengukuhkan semboyan kota Nebraska sebagai “Great American Dessert”. Demi hal itu, Julius Sterling Morton bahkan rela turun dari jabatan politiknya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*