28 November, Hari Menanam Pohon Indonesia, Begini Sejarah dan Twibbon untuk Merayakannya

Ilustrasi: Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sejak 2007, kita merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia tiap 28 November. Penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia ini tak lepas dari Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon pada tahun 2007.

Aksi ini pun disambut positif oleh pemerintah dengan mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan Presiden itu menyebut bahwa 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional.

BACA JUGA:

Dalam keputusan tersebut, pemerintah juga meminta kepada masyarakat agar menanam minimal satu pohon per orang atau yang kemudian dikenal dengan One Man One Tree (OMOT).

Langkah mitigasi dengan penanaman pohon merupakan salah satu upaya mengurangi emisi karbon. Ini selaras dengan tujuan Paris Agreement untuk menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 20 Celcius atau sedapatnya menekan hingga 1,50 Celcius.

Nah, untuk ikut merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia, kamu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye menanam pohon dengan memasang twibbon di media sosial.

Inilah kumpulan twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia:

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*