10 Januari, Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, Tanam Pohon di Sekitar Kita




Ilustrasi: Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia 2021. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 10 Januari, kita memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia. Peringatan ini mengajak kita untuk terus melestarikan pohon. Pohon merupakan makhluk hidup yang memiliki andil berarti dalam kehidupan manusia. Proses fotosintesis menjadi komponen alami krusial bagi pertumbuhan manusia.

BACA JUGA:

Seperti kita pelajari di sekolah, pohon itu memiliki kemampuan mengurangi kandungan karbondioksida (CO2), serta mengeluarkan oksigen (O2) ke udara yang bermanfaat dalam sistem pernapasan manusia.

Selain itu, pohon yang tumbuh dalam jumlah besar, macam hutan pinus, mampu menyerap 60 persen air hujan. Bahkan, spesies hutan berdaun lebar dan tajam bisa menyerap sampai 80 persen air hujan. Hal ini tentu bisa meningkatkan pasokan air demi kelangsungan hidup manusia.

Pohon yang merupakan spesies utama hutan menutupi hampir sepertiga dari seluruh daratan di Bumi. Ia juga menyediakan infrastruktur organik penting bagi beberapa koleksi kehidupan yang paling padat dan paling beragam di planet ini.

Namun, meski kita telah mengetahui arti penting pohon, kelestariannya kian hari makin terancam. Forest Watch Indonesia (FWI) memperkirakan selama periode 2013 sampai 2017 sebanyak 5,7 juta hektar di Indonesia berkurang. Rata-rata setiap tahun defortasi hutan ini menyusut sebanyak 1,4 juta hektar. FWI menjelaskan bahwa Kalimantan merupakan daerah yang paling banyak kehilangan hutan, yaitu sebanyak 2 juta hektar.

Akibatnya pun semakin kita rasakan. Bencana, seperti banjir dan tanah longsor, menjadi kabar yang setiap tahun terjadi. Pasokan air bersih di beberapa daerah juga semakin langka.

Tanggal 10 Januari yang telah ditetapkan sebagai Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia menjadi pengingat bagi kita agar selalu memiliki kesadaran untuk melestarikan dan melakukan gerakan penyelamatan pohon di sekitar kita.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*