Ini Perbedaan Paper dan Jurnal, Mahasiswa Wajib Tahu




Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).
Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti pernah mendengar paper dan jurnal, bukan? Bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir, atau tugas kuliah, biasanya dua istilah ini tidak asing. Terkadang dosen menyuruh mahasiswa untuk melakukan review jurnal atau paper.

Banyak yang menganggap bahwa artikel ilmiah itu jurnal. Dan paper hanya ulasan tertentu. Nah, agar tidak bingung, simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:

Sebuah hasil penelitian saat kuliah disebut tugas akhir. Bentuknya bisa skripsi, tesis, maupun disertasi. Penelitian di luar tugas akhir itu biasanya berbentuk artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini merupakan penjelasan mengenai hasil penelitian baik mandiri atau kelompok.

Artikel ilmiah ini akan valid atau terpercaya dan dapat digunakan oleh orang lain untuk dijadikan sebagai referensi penelitian jika telah dipublikasikan. Cara publikasi penelitian ini dapat dilakukan dengan du acara yakni seminar atau konferensi baik di level nasional maupun internasional. Dan melalui publikasi jurnal nasional atau internasional.

Seminar (conference)

Artikel ilmiah yang kita seminarkan akan dikumpulakn semua dari setiap peserta dan dicetak layaknya buku yang diberi nama prosiding. Prosiding merupakan kumpulan banyak artikel ilmiah dari seminar atau konferensi baik tingkat nasional maupun internasional.

Jurnal

Artikel ilmiah yang tidak dipublikasikan melalui seminar bisa dikirimkan ke redaksi jurnal tertentu untuk diterbitkan. Artikel ilmiah yang dikirimkan tadi dikumpulkan dari banyak peneliti kemudia dibuat buku yang dinamakan jurnal ilmiah dilengkapi nomor volume, nomor terbit, dan tahun terbit.

Jurnal itu seperti publisher yang mempublikasi karya-karya ilmiah. Tentunya tidak semua artikel ilmiah ini diterima. Ada yang namanya peer-review yang dilakukan oleh reviewer untuk menilai kelayakan penelitian tersebut diterbitkan atau tidak.

Paper

Paper adalah nama lain dari artikel ilmiah. Kalau tadi ada istilah prosiding, nah itu merupakan kumpulan dari paper (artikel ilmiah) dari seminar atau konferensi. Atau kalau tadi ada jurnal, itu merupakan kumpulan dari paper (artikel ilmiah). Paper merupakan artikel ilmiah satuan.

Nah, sekarang sudah paham ya, perbedaan dari paper dan jurnal. Bila ada pertanyaan mana yang terbaik dari paper jurnal atau paper prosiding, maka jawabannya adalah kembali ke reputasi dari jurnal atau seminar nya. Makin bagus reputasinya maka makin bagus paper-papernya. Biasanya untuk prosiding seminar, lebih terbuka dan dapat diakses oleh semua orang. Kalau jurnal biasanya ada yang gratis, tetapi ada juga yang berbayar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*