Inilah Suka Duka dan Keseruan KKN yang Perlu Kamu Tahu




JAKARTA, KalderaNews.com – Kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata kerap menjadi suatu hal yang menakutkan bagi sebagian besar mahasiswa tingkat akhir. Ditambah dengan viralnya cerita horor KKN di Desa Penari itu, membuat KKN makin terasa ngeri.

Belum lagi bila kita telah mendapatkan cerita-cerita dari kakak tingkat mengenai KKN yang tidak selalu menyenangkan. Biasanya dapat membuat kita makin jiper bahkan enggan menjalani KKN.

BACA JUGA:

Namun, jangan risau dulu, inilah rangkuman suka duka dari KKN yang dapat kamu ketahui secara berimbang. Cerita dukanya dapat kamu antisipasi jauh hari, cerita sukanya dapat membangkitkan motivasimu. Simak, yuk!

Cerita sukanya antara lain:

Pengalaman baru

Berangkat KKN merupakan kesempatan mendapatkan pengalaman baru dengan orang baru di area yang baru. Pengalaman ini tentu akan menjadi harta berharga yang tidak akan kamu lupa.

Banyak mendapat teman baru

KKN akan dikerjakan secara berkelompok dengan anggota dari berbagai jurusan. Ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk menambah teman baru dari berbagai disiplin ilmu. Bila ada yang cocok, kamu mungkin dapat menemukan pacar dan jodoh.

Berbakti kepada bangsa

KKN bisa menjadi ajang pembuktianmu untuk berbakti bagi bangsa dan negara dengan membantu desa yang masih perlu banyak dibangun dan perubahan maju.

Menambah wawasan

KKN akan membuka pikiranmua akan banyak hal dari sudut pandang yang berbeda. Tentunya ini akan menjadi sebuah pelajaran berharga yang tidak diajarkan di dalam kelas.

Membangun desa atau daerah terpencil

KKN akan membantumu membangun desa. Kebanyakan lokasi KKN adalah desa pelosok yang masih perlu banyak bantuan, seperti pengairan yang tepat, sistem perkebunan yang bagus, dan lain sebagainya.

Sedangkan cerita duka yang dapat kamu antisipasi sebelumnya adalah sebagai berikut. Ingat, ya, ini bukan yang pasti akan terjadi padamu, hanya gambaran saja. Jadi, jangan sampai membuatmu overthinking.

Rasa malas untuk berangkat

Perasaan malas untuk berangkat sudah pasti menjadi hal yang tidak akan menyenangkan. Terlebih bagi mereka yang tidak suka dengan teman sekelompoknya, berangkat KKN rasanya pasti sudah seperti berangkat ke neraka. Ups, lebay ya.

Mengalami culture shock

Salah satu duka yang mungkin yang akan kamu hadapi adalah culture shock

Tidak mengenal teman

Bila kamu tidak mengenal teman sekelompok, tentu KKN akan terasa lama, sepi, dan membosankan serta menyiksa. Karena kamu akan bersama teman sekelompokmu selama 24 jam terus menerus, baiknya kamu segera harus mengenal mereka untuk menghindari pengalaman yang tidak menyenangkan.

Harus beradaptasi

Kamu dituntut untuk beradaptasi dengan banyak hal. Tidak hanya perbedaan di antara teman-teman baru saja, kamu juga akan dipaksa menerima perubahan mendadak di lingkungan sekitarmu, dan tentu hal ini tidak mudah bagi mereka yang sejak awal telah memiliki rasa penolakan di dalam hati.

Waktu KKN lama

KKN akan berlangsung cukup lama. Durasi waktunya bergantung kebijakan kampus, tetapi pada umumnya KKN akan dilakukan selama 30-45 hari. Bahasa akan yang mencapai hingga dua bulan. Untuk menghindari kebosanan, kamu dapat membawa buku bacaan atau hobimu yang lain.

Itulah tadi suka duka KKN yang dapat kamu ketahui sebelum kamu berangkat ke lapangan. Mulai saat ini kamu dapat menyiapkan dirimu dengan soft skill yang sesuai untuk menunjang kegiatan KKN tersebut. Semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*