Inilah Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Jurusan yang Mirip Namanya

Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan sistem informasi dan teknik informatika banyak tersedia di berbagai universitas. Sekilas, kedua jurusan ini namanya mirip, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Dua jurusan ini memiliki banya peminat dan peluang kerja yang memang menjanjikan. Kalau kamu tertarik pada kedua jurusan ini, inilah perbedaan sistem informasi dan teknik informatika yang harus kamu pahami.

BACA JUGA:

Cakupan kompetensi

Setiap jurusna mempunya cakupan kompetensi yang berbeda. Sistem informasi memiliki caupan komptensi dalam merancang, mengembangkan, hingga menerapkan sistem informasi dari satu organisasi. Sedangkan cakupan kompetensi merancang dan mengembangkan beragam algoritma komputasi. Cakupan kompetensi ini menjadi poin penting yang membedaan jurusan sistem informasi dengan tekni informatika.

Kurikulum

Jurusan sistem informasi kurikulumnya berfokus pada bagaimana cara memastikan teknologi dan sistem informasi selaras dengan kebutuhan perusahaan. Mahasiswa nantinya akan belajar bagaimana cara menyesuaikan teknologi dan sistem informasi perusahaan agar bisa lebih unggul dari yang lain. Untuk teknik informatika, kurikulum lebih fokus pada ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan logika matematika. Kurikulum jurusan ini juga mengacu pada komputasi dan algoritma. Penerapannya akan digunakan dalam pengembangan program komputer.

Cakupan Ilmu

Perbedaan ketiga dari jurusan sistem informasi dan teknik informasi adalah jurusan teknik informatika cakupan ilmunya lebih beragam. Mulai dari teori dan algoritma hingga ke bidang penerapan seperti pengembangan robotika. Jadi tidak hanya teori tetapi juga langsung penerapan hingga menghasilkan produk teknologi yang bermanfaat.

Pada jurusan sistem informasi cakupan ilmunya adalah teknologi informasi sebagai sumber daya dari suatu perusahaan.

Tujuan

Setiap jurusan pasti mempunyai tujuan bagi mahasiswa dan lulusannya. Jurusan sistem informasi memiliki tujuan pemenuhan kebutuhan yang berhubungan dengan pemanfaatan sistem informasi atau teknologi informasi. Kalau tujuan jurusan teknik informasi adalah memenuhi kebutuhan terhadap tenaga yang terampil di bidang teknologi informasi. Dalam hal ini termasuk ke dalam pemanfaatan ilmu komputer serta implementasinya dalam pengembangan perangkat lunak.

 Lingkup bidang

Cakupan bidang untuk jurusan sistem informasi pun beragam. Contohnya adalah bidang bisnis, administrasi bisnis, sistem informasi, arsitektur, pemrograman aplikasi perusahaan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jurusan teknik informatika, jurusan ini mencakup bidang pemrograman, perancanagan, juga analisis algoritma, sistem operasi, teori komputasi , sistem cerdas, dan lain-lain.

Lima hal perbedaan antara jurusan sistem informasi dan teknik informatika tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*